Petugas Gabungan Kecamatan Menteng Bersih-bersih Bantaran Kali Ciliwung

Reporter: Audrya Safira | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih bantaran kali Ciliwung. Foto: pusat.jakarta.go.id

Petugas gabungan Kecamatan Menteng melakukan bersih-bersih sampah di bantaran Kali Ciliwung, RW 01 Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat.

Camat Menteng Suprayogi mengatakan, pembersihan bantaran Kali Ciliwung sudah berlangsung 3 hari, diawali dengan kerja bakti yang rutin dilakukan pada hari Minggu lalu.

“Hari Minggu (25/8) kemarin, dilakukan kerja bakti rutin melibatkan tim Sudin SDA, Sudin Bina Marga, Sudin LH, PPSU, Sudin Pertamanan, Kecamatan dan Kelurahan. Karena jumlah sampah yang banyak dan belum tuntas pada hari Minggu, jadi dilanjutkan pembersihan sampah pada hari Senin (26/8) dan Selasa (27/8),” jelasnya saat dikonfirmasi.

Suprayogi menambahkan, pembersihan pada hari Senin (26/8) dan Selasa (27/8) melibatkan 74 petugas gabungan dari Kecamatan Menteng, Kelurahan Menteng, Sudin LH Jakarta Pusat dan PPSU Kelurahan Menteng.

Di tempat terpisah, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi mengungkapkan, pihaknya mengerahkan petugas dan dua unit truk untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan sampah (TPS) Kecamatan Menteng.

“Hasilnya tadi dari kegiatan bersih-bersih kita berhasil mengangkut  sampah sekitar 4 ton,” ungkapnya.

Lurah Menteng Indrawan Prasetiyo menambahkan, sampah yang menumpuk di bantaran kali itu didominasi sampah rumah tangga, plastik dan puing sisa bangunan.

Indrawan juga menyoroti oknum warga sekitar, maupun dari luar wilayah Kelurahan Menteng yang tidak taat aturan yang masih membuang sampah ke saluran.

Dia kembali mengingatkan bagi warga sekitar maupun luar dari RW 01 Kelurahan Menteng yang kedapatan membuang sampah sembarangan di bantaran kali bisa dikenakan sanksi denda hingga Rp500 ribu.

Untuk diketahui, Rencananya, besok Rabu (28/8), Kecamatan Menteng akan melibatkan SDA untuk memagari bantaran Kali Ciliwung.