Roadshow Bunda PAUD dan Bunda Literasi, Tumbuhkan Cinta Terhadap Sastra di RPTRA Gondangdia

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Roadshow Bunda PAUD dan Bunda Literasi di RPTRA Gondangdia. Foto: pusat.jakarta.go.id

Di era digital ini, dikelilingi oleh berbagai informasi dan teknologi yang berkembang pesat. Hal ini tentu membawa banyak manfaat, namun juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satu tantangannya adalah semakin pudarnya minat baca dan budaya literasi di masyarakat, terutama pada anak-anak.

Dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap sastra atau membaca di era digital, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengadakan Roadshow Bunda PAUD dan Bunda Literasi ke berbagai kecamatan, salah satunya di RPTRA Gondangdia, Senin (22/7).

Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, adanya roadshow untuk menanamkan kecintaan terhadap sastra sejak dini. Sastra memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak. Sastra dapat membantu anak untuk mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan kemampuan berbahasa.

"Pelaksana roadshow ini juga dalam rangka Pemberdayaan Duta Baca serta ada berbagai lomba yang diadakan dari mulai menggambar, dan puisi," katanya, didampingi Wakil Camat Menteng Agung Maulana, Sekcam Menteng Utari, dan jajaran terkait lainnya.

"Saya berharap lomba menggambar dan puisi ini dapat menjadi wadah untuk mengekspresikan diri dan menuangkan kreativitasnya melalui karya seni dan sastra," imbuhnya.

Ucu yakin anak-anak memiliki bakat dan potensi yang luar biasa dalam mengembangkan kreativitas. "Teruslah berlatih dan berkarya untuk menjadi generasi penerus bangsa yang cinta sastra dan budaya Indonesia," ucapnya.

Ucu juga mengajak kepada semua pihak, terutama para Bunda PAUD dan Bunda Literasi, untuk terus bersinergi dalam menanamkan kecintaan terhadap sastra kepada anak-anak.

"Mari kita jadikan sastra sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dan jadikan era digital ini sebagai peluang untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia. Semoga kegiatan Roadshow Bunda PAUD dan Bunda Literasi ini dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan sastra di Kecamatan Menteng," tandasnya.