Rumah Semi Permanen Toyib Dibedah Baznas Bazis Jakpus

Reporter: Zaki | Editor: Iman

Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin bersama warga Kelurahan Kampung Rawa yang mendapat program Bedah Rumah Baznas Bazis Jakpus, Foto: Zaki

Rumah Semi Permanen Toyib Dibedah Baznas Bazis Jakpus

Rumah Ketua RT 03 RW 01 Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar yaitu Toyib Heryanto mendapat program Bedah Rumah Baznas Bazis Jakarta Pusat. Usai selesai dibedah, dilakukan kegiatan penyerahan kunci kepada yang bersangkutan, Senin (19/1).

Toyib Hariyanto yang menjabat Ketua RT 03 RW 01 sejak Oktober tahun lalu, dan masih berusia 27 tahun tinggal bersama kedua orang tuanya dan ketiga abang kandungnya di rumah sepetak berlantai dua.

Toyib menceritakan, kondisi rumahnya yang semi permanen itu sebelum dibedah oleh Baznas Bazis Kota Jakarta Pusat tidak layak huni. Atapnya bocor serta banyak kayu yang keropos dimakan rayap, sehingga besar kemungkinan kapan saja bisa runtuh.

“Di sini saya tinggal bersama kelima anggota keluarga yang lain, ada orang tua, dan juga tiga abang saya. Sebelum dibedah, rumah ini memiliki tiga lantai, namun berdasar ketentuan dari Baznas Bazis jadi dua lantai,” ucapnya.

Toyib melanjutkan, rumah keluarganya memiliki luas 21 meter persegi dan telah bersertifikat hak milik.

“Abang saya yang pertama dan kedua memiliki kekurangan, mereka disabilitas. Tadinya sulit berkomunikasi, tapi sekarang ini sudah diterapi dan alhamdulillah dapat berkomunikasi dengan lingkungan sekitar walaupun jauh berbeda dengan orang normal,” imbuhnya.

Sebagai ketua RT yang terbilang muda, Toyib berpesan untuk kawula muda agar lebih peduli dengan lingkungan dan jangan takut untuk maju, walaupun berawal dari pejabat tingkat bawah, semua harus bermotifasi tinggi untuk mencapai lingkungan yang sejahtera.

Sementara itu di tempat yang sama, Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin mengatakan, untuk program bedah rumah baznas bazis tahun 2023, Kelurahan Kampung Rawa mendapatkan bantuan tiga rumah yang dibedah, yaitu berada di RW 01, 02 dan 04.

Ferry berpesan untuk pemilik rumah agar dapat merawatnya, dan apabila ada kerusakan, nantinya dapat ditanggulangi sendiri, karena sepenuhnya sudah diserahkan.

“Terima kasih untuk Baznas Bazis Jakarta Pusat atas bantuannya, semoga ke depannya banyak lagi warga yang membutuhkan bantuan, dapat merasakan bantuan dari Baznas Bazis Jakarta Pusat,” tutupnya.

(Zaki)