Rumahnya Diperbaiki Baznas Bazis, Suhairi Bersyukur Tidak Bocor Lagi

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan kunci bedah rumah Baznas Bazis. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Rumahku, surgaku. Begitulah ungkapan yang sering didengar terkait keberadaan rumah sebagai tempat tinggal. Sejatinya rumah yang ideal berfungsi untuk berteduh dari terik panas matahari dan juga hujan.

Namun tidak dengan rumah milik Sochairi (68) dan Mardiah (58) yang berlokasi di Jalan Kemayoran Barat II RT 009 RW 05 Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Kemayoran,  Jakarta Pusat, yang kerap terkena hujan lantaran atap rumahnya bocor.

Sochairi yang memiliki tiga anak ini menuturkan, sebelumnya kondisi rumahnya tergolong tidak layak huni, ketika hujan selalu bocor dan juga ditambah hewan rayap yang menggerogoti bangunan sehingga mudah ambruk.

Kini Sochairi merasa bersyukur setelah rumahnya dibedah oleh Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat dengan proses pemugaran sekitar tiga pekan.

“Alhamdulillah kita bersyukur ke Allah, seneng, ibadah salat kita tenang, tidur tidak kebocoran, gak keganggu lagi, kemarin tuh mau ambruk kena rayap, sekarang sudah nyaman,” ungkapnya saat penyerahan kunci bedah rumah Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat, Rabu (7/2). 

Sochairi menceritakan selama rumahnya diperbaiki dirinya tetap tinggal di rumah ini dengan tujuan menjaga barang-barang material pembangunan, sedangkan sang istri dan anak-anaknya menyewa indekos.

“Alhamdulillah inikan dua lantai, dengan luas 32 meter persegi bawah dan atas, jadi anak-anak dan ibunya tidur di atas dan saya di bawah, di atas numpuk-numpuk deh. Rumah yang udah bagus ini akan kita rawat, ini kan juga titipan dari Allah,” tuturnya.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Baznas Bazis, selain itu pihak RT dan RW, pihak kelurahan dan juga kecamatan, terus juga untuk para tetangga juga kita ucapkan terima kasih, semoga keberkahan menghampiri kita semua,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Kemayoran Asep Mulyaman menambahkan, ini merupakan realisasi dari program Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam menyalurkan dana yang sebelumnya telah diterima dalam penyerahan ZIS Tingkat Kelurahan.

“Dari masyarakat dan kembali ke masyarakat, begitulah proses dana ZIS yang dikelola Baznas Bazis. Selain bedah rumah, masih banyak program lain yaitu, ada beasiswa, santunan, dan juga bantuan untuk rumah ibadah,” jelasnya didampingi Lurah Kemayoran Fitria Sari.

Asep juga berpesan untuk merawat bangunan yang sudah ada dengan menjaga kebersihan, supaya keluarga yang tinggal sehat walafiat.