Satpol PP Bersama Sudinsos Lakukan Penjangkauan PPKS di Wilayah Jakpus

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Satpol PP melakukan penjangkauan PPKS. Foto: Maulana

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  bersama Suku Dinas Sosial (Sudinsos) melakukan penjangkauan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di tiap kecamatan yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Kepala Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat TP Purba menjelaskan bahwa mendekati hari raya Idulfitri 1445 H ini sudah banyak ditemukan PPKS seperti, ibu-ibu yang membawa anaknya untuk mengamen di lampu merah, tukang asongan, dan pengamen yang menjamur di jalan. 

"Penjangkauan PPKS ini dilakukan bersama dengan Sudinsos. Tidak etis jika membiarkan saudara-saudara kita berada di jalanan maka dari itu setelah penjangkauan kami akan menempatkan mereka di tempat yang layak seperti di panti agar diberikan pelatihan-pelatihan sehingga mereka mempunyai keterampilan," katanya usai apel penjangkauan PPKS, di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (2/4).

"Ada sebanyak 150 petugas disebar untuk melakukan penjangkauan PPKS di wilayah masing-masing. Sementara untuk tingkat kota akan melakukan penjangkauan PPKS di wilayah Kecamatan Gambir," imbuhnya.

Purba juga mengingatkan kepada para anggotanya untuk memperlakukan PPKS dengan humanis, tegas, dan tanpa kekerasan.

"Bapak dan ibu pasti sudah paham dengan sistem yang berlaku ketika di lapangan, saya ingatkan kembali bahwa kita tidak boleh mengejar-ngejar target kemudian jaga diri masing-masing. Perlakukan mereka dengan humanis, tegas, dan tanpa kekerasan," tandasnya.