Sebanyak 270 Siswa SDN 03 Tanah Tinggi Diedukasi Gemar Memakan Ikan

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Safari Kampanye Gemarikan di SDN 03 Kelurahan Tanah Tinggi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar kampanye Gerakan Gemar Memakan Ikan (Gemarikan) yang diikuti 270 siswa SDN 03 Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Rabu (28/8). 

Kepala Suku Dinas KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, peserta kegiatan ini merupakan para siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 SDN 03 Tanah Tinggi. Kegiatan dimulai dengan rangkaian acara makan somay ikan bersama-sama.

"Selanjutnya mereka disosialisasikan dan edukasi tentang pentingnya makan ikan. Setelahnya mereka mendapat paket makanan olahan perikanan fishkatsu dan bandeng masing-maisng anak dua," katanya.

Menurutnya, kegiatan kampanye ini dalam rangka memasyarakatkan konsumsi ikan bagi anak-anak. Selain siswa, kegiatan juga menyasar para guru yang ada di lingkungan sekolah.

Penty menegaskan, konsumsi ikan bagi anak sangat penting untuk pertumbuhan, kecerdasan dan daya tahan tubuh mereka. Kegiatan di SDN 03 Tanah Tinggi ini merupakan pelaksanaan kali keempat kampanye Gemarikan tahun 2024 yang dilaksanakan jajarannya.

"Mudah-mudahan bisa memotivasi, tidak hanya bagi anak, juga guru dan orang tua untuk menyajikan olahan ikan yang bervariasi, bergizi, aman, dan bersih," tegasnya.

Sementara itu, Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri mengaku kebanyakan anak usia SD zaman sekarang kurang suka mengkonsumsi ikan dan lebih gemar makan-makanan instan. Karena itu, ia mengapresiasi kegiatan yang mengedukasi anak untuk gemar memakan ikan.

Menurut Helmi, biasanya anak baru suka memakan panganan hewani ikan pada usia SMP. Penyajian dalam bentuk olahan pangan perikanan yang diedukasi oleh Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat ini sangat tepat lantaran disajikan dalam bentuk kekinian.

"Ini kan dibuat semacam nugget agar anak suka. Mudah-mudahan membuat anak jadi suka mengkonsumsi pangan olahan perikanan," tutupnya.