Sekko Jakpus Hadiri Puncak Jati Baru Festival 2024

Reporter: Audrya Safira | Editor: Andreas Pamakayo

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin. Foto: Audrya Safira

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menghadiri Jati Baru Festival 2024, di Jalan Jati Baru Raya, Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8).

Acara yang mengangkat tema “Merajut Kreativitas, menjadi Generasi Emas” diselenggarakan oleh Karang Taruna RW 04 Kelurahan Kampung Bali, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Kegiatan ini sudah berlangsung dalam sebulan, dan acara ini merupakan puncak dari rangkaian acara tersebut. 

Iqbal Akbarudin mengatakan, acara Jati Baru Festival ini merupakan momen yang tepat sebagai pembuktian bahwa karang taruna adalah wadah generasi muda untuk mengembangkan diri.

“Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat, sebagai wadah generasi muda untuk tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial untuk mencapai kesejahteraan sosial bagi masyarakat,” katanya dalam sambutannya. 

Iqbal menuturkan, kegiatan ini juga memberikan kontribusi positif dalam hal menumbuhkan sportifitas antar warga, melestarikan budaya, mengasah kreativitas di kalangan pemuda, serta menjalin silaturahmi antar warga di lingkungan Kelurahan Kampung Bali.

“Saya yakin apabila kegiatan ini tetap dilaksanakan di tahun berikutnya, maka eksistensi karang taruna akan semakin dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Iqbal juga menyampaikan apresiasinya kepada Karang Taruna RW 04 Kelurahan Kampung Bali atas terlaksananya kegiatan ini. 

“Saya berharap besar bahwa Karang Taruna RW 04 Kelurahan Kampung Bali dan Karang Taruna Unit RW lainnya dapat melaksanakan kegiatan yang serupa di tahun mendatang, sehingga lebih banyak lagi pemuda yang dapat menyalurkan bakat dan kemampuannya,” ucapnya. 

Dalam acara ini juga turut dimeriahkan dengan bazar UMKM, donor darah, penampilan palang pintu, pencak silat, pembacaan puisi, pagelaran kesenian dan budaya, drama musikal, penampilan sanggar tari Katana 04, penyerahan santunan kepada lansia, dan pembagian hadiah pemenang lomba. 

Turut dihadiri, Anggota DPRD Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Tokoh Betawi Riano P. Ahmad, Kepala Sudin Sosial Jakarta Pusat Abdul Salam, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, dan Lurah Kampung Bali Rizka Handayani.