Seleksi Paskibraka Jakpus Masuk Tahap Akhir Tes Kepribadian dan Wawancara

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Calon Paskibraka memperlihatkan ketrampilannya. Foto: Revan Magang

Setelah selesai mengadakan seleksi tes kesamaptaan Rabu (24/4) kemarin, Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melanjutkan seleksi Tes Kepribadian bagi calon Paskibraka Tahun 2024, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat dan berlanjut di Ruang Serbaguna Besar, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (25/4) pagi.

Kepala Badan (Kasuban) Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat mengatakan, terpilih 73 siswa calon paskibraka yang berhasil melaju ke tahapan akhir setelah lolos tes Kesamaptaan dan PBB kemarin.

"Sampai dengan saat ini ada 73 siswa calon paskibraka yang terpilih, untuk tes kepribadian ini kita melihat bagaimana siswa calon paskibraka baik itu terkait dengan kepribadiannya, kemudian minat dan bakatnya serta hobinya. Lalu dari kebiasaanya sehari-hari dan keterampilan apa saja yang bisa diperlihatkan, contohnya seperti bermusik, sandiwara, drama, puisi, pantun, menari, dan lainnya," kata Rachmat. 

"Alhamdulillah dari segi kualitas, para siswa ini sangat bagus dan mumpuni selama kita menilai dari tes sebelumnya mulai dari tes TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) banyak yang mendapatkan nilai sempurna," imbuhnya.

Menurut Rachmat, selain penilaian kepribadian siswa pihaknya bersama jajaran juga melakukan penilaian melalui media sosial.

"Untuk lainnya kita melihat profil mereka di media sosial, kita lihat dan nilai apa saja yang mereka lakukan selama di media sosial, jadi itu merupakan salah satu poin penting dalam tes kepribadian," jelasnya.

Rachmat melanjutkan, setelah seleksi ini akan dilanjutkan dengan pemberian urutan ranking peserta paskibraka, dan akan mengirimkan lima pasang paskibraka untuk maju ke seleksi tingkat provinsi.

"Dari 73 siswa calon paskibraka ini nanti kami akan berikan ranking mulai dari 1, 2, 3 dan seterusnya, selanjutnya kita akan pilih lima pasang untuk dikirimkan ke tingkat provinsi, dan selanjutnya di seleksi lagi di tingkat provinsi untuk maju ke dalam tingkat nasional, sisanya yang lainnya akan mendapat tugas menjadi petugas Paskibraka Tingkat Kota Jakarta Pusat," jelasnya.

Dia pun berharap para siswa-siswi ini nantinya setelah menjadi alumni paskibraka akan menjadi Duta Pancasila artinya, mereka akan menjadi agen perubahan terkait dengan nilai-nilai tentang Pancasila di lingkungan sekolahnya masing-masing dan itu membawa dampak yang positif bagi mereka dan bangsa Indonesia. 

Untuk diketahui, pada seleksi tes kepribadian ini para juri yang menilai peserta paskibraka ini berasal dari Yayasan Pendidikan Laboratorium Pancasila.