Sudin PPAPP Gelar Penguatan Pokja Pengarusutamaan Gender

Reporter: Nila Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Penguatan Pokja PUG dan evaluasi, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pengarusutamaan Gender (PUG) adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dari seluruh kebijakan, program, kegiatan di berbagai bidang kehidupan pembangunan nasional dan daerah.

Untuk itu, Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menyelenggarakan penguatan Pokja PUG dan evaluasi, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (30/01).

Kasudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Dwi Wahyu Rianti mengatakan, evaluasi penyelenggaran PUG dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. evaluasi diperlukan untuk mengukur pencapaian dalam menyelenggarakan PUG termasuk program Perencanaan Pengarusutamaan Gender (PPRG). 

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan penguatan Pokja PUG Tingkat Kota Administrasi Jakarta pusat Tahun 2024 yang kita laksanakan selama 2 hari. Kita mengundang sebanyak 55 orang dari UKPD terkait di lingkungan kota Administrasi Jakarta Pusat dengan narasumber dari Deputi Kesetaraan Gender dan PPPA,” katanya. 

Dwi berharap, kegiatan ini bisa tercapai dalam program perencanaan responsive gender di tahun depan. “Saya berharap, kegiatan ini semoga menjadi tolak ukur dalam kita mencapai program perencanaan responsive gender yang sudah kita laksanakan dalam pemilihan tahun lalu dan juga yang akan kita laksanakan tahun depan dengan mengumpulkan dokumen-dokumen terkait dalam hal ini,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Jakarta Pusat Reza Pahlevi mengatakan, Pokja PUG bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender sehingga mampu menciptakan pembangunan yang lebih adil dan rata bagi seluruh penduduk Indonesia. 

”Saya menyambut baik atas dilaksanakannya penguatan Pokja PUG ini yang nantinya akan diperoleh perkembangan dan kemajuan pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam segala bidang pembangunan di Kota Administrasi Jakarta Pusat,” jelasnya. 

Menurut Reza, program dan kegiatan yang dilaksanakan harus mampu membuktikan daya keadilan dan kesetaraan gender.  

“Pemerintah hadir untuk kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat agar kesetaraan tersebut terwujud maka perlu lintas sektor dan dukungan dari semua pihak terutama sinergitas program dan kegiatan antara pemerintah dan akademisi, dunia usaha, lembaga masyarakat serta media, agar pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan upaya pencapaian sustainable,” terangnya

Reza juga berharap, semua peserta dapat bergerak aktif dan mengikuti prosesnya dengan sebaik-baiknya. Semoga Jakarta Pusat kembali mendapat prestasi dan bisa mendapat Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utara.