Sudin Pusip Serahkan Hadiah Lomba Perpustakaan Sekolah Kepada Lima Juara

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan hadiah bagi juara lomba Perpustakaan Sekolah. Foto: Revan Magang

Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat menyerahkan hadiah lomba Perpustakaan Sekolah tingkat SMA/SMK Tahun 2024 kepada lima juara.  

Pemenang Juara 1 dimenangkan oleh SMA 1 Jakarta, Juara 2 SMKN 14 Jakarta, Juara 3 SMAN 30 Jakarta, Juara Harapan 1 SMA 68 Jakarta, dan Juara Harapan 2 SMAN 20 Jakarta.

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi menjelaskan, kegiatan lomba perpustakaan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan peran perpustakaan dalam proses pembelajaran untuk mencapai visi dan misi sekolah serta meningkatkan budaya baca bagi siswa sekolah.

"Lomba Perpustakaan Sekolah sudah berlangsung sejak tanggal 27-29 Februari lalu, dan tersaring sebanyak lima peserta sekolah yang meraih juara," jelasnya.

Irwan menambahkan, bagi SMA 1 Jakarta yang berhasil meraih juara 1 nantinya akan mewakili Jakarta Pusat dalam lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi.

"SMA 1 Jakarta diharapkan bisa mewakili kota Jakarta Pusat ke tingkat provinsi dan bisa mendapatkan hasil yang terbaik, bisa ditingkatkan mulai dari keberagaman koleksi bukunya, kualitas pengelola perpustakaannya, ide serta kreativitasnya dalam hal kegiatan literasi khususnya perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuan bagi siswa-siswi di sekolahnya masing-masing," terangnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Administrasi Jakarta Pusat M Reza Pahlevi mengucapkan selamat kepada para pemenang dari perwakilan sekolah di wilayah Jakarta Pusat.

Raza juga mengharapkan seluruh perpustakaan sekolah untuk dapat menciptakan suasana kondusif bagi pemenuhan kebutuhan informasi maupun rekreasi para peserta didik dan tenaga pendidikan.

"Bagi pemenang yang mewakili Jakarta Pusat ke Tingkat Provinsi semoga dapat memberikan kontribusi optimal bagi wilayah Jakarta Pusat serta memaksimalkan potensi yang ada agar memperoleh yang terbaik. Kompetisi ini diharapkan tidak hanya dipandang sebagai sebuah ajang kompetisi semata namun, lebih utamanya adalah mendorong peran pembinaan berjalan semakin optimal sehingga Perpustakaan Sekolah sebagai sumber belajar bagi para civitas akademik di sekolah masing-masing dapat terwujud," harapnya.

Hal senada juga dikatakan perwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi DKI Jakarta Yanto berharap dalam kegiatan ini agar bisa menjadi motivasi dalam memberikan inovasi yang semakin baik dan dapat menunjang kegiatan literasi yang berdampak positif bagi keterampilan para peserta didik dan menciptakan atmosfer yang nyaman dalam kebutuhan sekolah.