Sudinsos Jakpus Luncurkan Inovasi Layanan Berbasis Aplikasi Bernama SAOS WASABI

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Peluncuran dan sosialisasi layanan berbasis aplikasi SAOS WASABI. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan peluncuran dan sosialisasi layanan berbasis aplikasi whatsapp di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (24/6). 

Layanan yang dinamai SAOS WASABI (Suku Dinas Sosial Whatsapp Bot Layanan Informasi, Pelayanan, Pengaduan dan Konsultasi) itu memiliki empat fitur layanan yakni, layanan informasi, pelayanan sosial, pengaduan dan konsultasi secara real-time atau waktu aktual terjadinya sesuatu. 

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan, aplikasi yang dikembangkan oleh Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat ini menambah akses layanan jajarannya ke masyarakat. Apalagi, layanan dikembangkan di aplikasi yang sangat familiar dengan masyarakat.

"Saat ini kan hampir semua orang punya WhatsApp. Inovasi SAOS WASABI ini memperkaya layanan kami ke masyarakat," katanya.

Menurut Premi, layanan melalui aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Pusat. Mereka dapat mengakses berbagai layanan seperti mengetahui informasi pelayanan, perizinan, dan pengaduan apa yang menjadi tugas Dinas Sosial.

Selain memberikan informasi dan pengaduan, lanjutnya, aplikasi itu juga memberikan layanan konsultasi terkait beragam program dari Dinas Sosial. 

Ke depan, Premi menambahkan, bakal mendorong aplikasi yang inovatif untuk diketuktularkan ke wilayah lain di DKI Jakarta.

"Tentunya seluruh wilayah nanti harus memiliki standar yang sama dalam memberikan layanan, termasuk kemudahan mengakses informasi seperti SAOS WASABI," tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapresiasi inovasi layanan yang dikembangkan oleh Sudinsos Jakpus. Dia berharap, inovasi ini semakin mempermudah warga Jakarta Pusat mengakses layanan di bidang sosial  

"Aplikasi ini sekaligus menjadi media komunikasi stakeholder antara Kesehatan dan Sosial di Jakarta Pusat. Selamat dan semoga aplikasi bisa memberikan layanan terbaik ke warga," tandasnya.