Tamhut Jakpus Tangani 10 Pohon Tumbang Terdampak Hujan Angin

Reporter: R Maulana Yusuf | Editor: Iman

Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Hujan deras yang disertai angin kencang pada sore menjelang malam di wilayah Jakarta Pusat memicu sebanyak 10 pohon mengalami tumbang. Mesti tidak sampai mengakibatkan korban jiwa maupun luka berat, sejumlah pohon tumbang mengakibatkan kerusakan infrastruktur publik dan properti masyarakat.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Jakarta Pusat, Mila Ananda memastikan kejadian pohon tumbang terjadi karena dipicu hujan deras yang disertai angin kencang. Selama ini pihaknya telah berupaya mengantisipasi kejadian pohon tumbang dengan melakukan pemangkasan rutin dan pengawasan pohon rawan tumbang secara rutin.

"Selama ini kami juga selalu mendapat masukan dari masyarakat melalui CRM bila ada pohon yang rindang dan rawan tumbang," katanya, Rabu (3/7).

Tidak hanya melakukan antisipasi, Mila memastikan jajarannya siaga menindaklanjuti bila ada laporan pohon tumbang. Seperti saat ini, jajarannya tengah menindaklanjuti kejadian pohon tumbang di sejumlah lokasi se-Jakarta Pusat.

Sementara itu Kepala Seksi Jalur dan Pemakaman Suku Dinas Tamhut Jakarta Pusat, Budi Hidayat mengatakan, dari total 10 pohon tumbang yang sudah masuk sebanyak 7 di antaranya terjadi di wilayah Kecamatan Menteng. Sedangkan sisanya masing-maisng satu pohon di wilayah Kecamatan Johar Baru dan dua pohon di Kecamatan Tanah Abang.

"Hingga sekitar pukul 18.00 ini di Kecamatan Menteng merupakan yang terbanyak. Ini kami masih data," ujarnya.

Dijelaskan Budi, ke delapan pohon tumbang di wilayah Kecamatan Menteng, yakni pohon Pace berdiameter 45 sentimeter di Jalan Sukabumi, mengalami sempal. Lalu masing-masing satu pohon beringin dan pohon asem di Jalan Mohammad Yamin

Kemudian pohon beringin berdiameter 70 sentimeter di Jalan Situbondo mengalami tumbang menimpa tembok warga dan kabel PLN. Selanjutnya satu pohon tanjung di Jalan P Diponegoro, satu pohon beringin di Jalan Pekalongan, dan satu pohon asem di Jalan Kalipasir.

Sedangkan dua pohon tumbang di wilayah Kecamatan Tanah Abang yakni pohon tanjung di Jalan Pejompongan dan Jalan Penjernihan. Sementara pohon tumbang di wilayah Kecamatan Johar Baru terjadi di Jalan Kramat Sentiong Ujung.

"Sebagian sudah berhasil ditangani petugas kami. Jumlah total masih kami invent dan lakukan penanganan, tapi sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka berat," tandasnya.