Targetkan 6.000 Pencari Kerja, Sudin Nakertransgi Gelar Bursa Kerja di Mal Thamrin City

Reporter: Syifa Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Bursa kerja di Mal Thamrin City. Foto: Vhatra

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar bursa kerja, di Mal Thamrin City eks Hypermart, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (28/05).

Kepala Disnaker DKI Jakarta Hari Nugroho menjelaskan, ada 40 perusahan yang bergabung pada bursa kerja hari ini dan ditargetkan ada 6.000 pencari kerja. 

"Bursa kerja ini akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 28 sampai 29 November pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Ditargetkan ada 6.000 pencari kerja," katanya. 

Dia menilai, dengan adanya bursa kerja ini tingkat pengangguran setiap tahun menurun dari tahun 2022 sebanyak 6 persen, 2023 sebanyak 7 persen hingga tahun 2024 sebanyak 5,8 persen. 

"Target yang diharapkan pada bursa kerja ini ialah menuntaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran," katanya. 

Heri juga mengimbau kepada pencari kerja di wilayah Jakarta Pusat untuk dapat menambah keterampilan diri dengan masuk pada Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD). 

"Di Jakarta Pusat itu ada namannya PPKD yang mana mendidik anak-anak non skill menjadi skill hingga 15 kejuruan. Nanti setelah dididik mereka mendapatkan sertifikat dan bisa dipakai untuk melamar pekerjaan. Para pencari kerja bisa terlebih dahulu menimba ilmu di sana secara gratis," kata Heri. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir meminta kepada pencari kerja untuk meningkatkan lagi keterampilannya terlebih Jakarta akan menjadi kota global. 

"Saya minta kepada pencari kerja untuk meningkatkan lagi keterampilan terlebih Jakarta akan menjadi kota global. Jika tidak mempunyai ketrampilan yang memadai maka akan sulit mencari pekerjaan," ujarnya. 

"Saya harap pencari kerja tetap semangat mudah-mudahan rejeki para pencari kerja ada di Kota Administrasi Jakarta Pusat," harapnya.

Di tempat yang sama, Bima salah satu pencari kerja berharap lebih banyak lowongan pekerjaan untuk fresh graduate. Kebanyakan perusahaan mencari yang sudah mendapat pengalaman. 

"Saya berharap banyak perusahan yang membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate dan bursa kerja seperti ini diperbanyak lagi," harapnya.