Tausiyah dan Musik Islami, Temani Masyarakat Menunggu Buka Puasa Dalam Irama Jakarta di Masjid Istiqlal

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Musik Islami di Selasar Masjid Istiqlal. Foto: Maulana

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar atraksi seni Kreatif di ruang publik yang bertajuk ‘Irama Jakarta atau Indahnya Ramadan di Jakarta’ di selasar Masjid Istiqlal, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriani mengatakan, ini merupakan kali kedua pihaknya menggelar Irama Jakarta setelah sebelumnya digelar pada Jumat (15/3) lalu di tempat yang sama.

Menurutnya, sesuai arahan Kadis Parekraf Provinsi DKI Jakarta Andika Perkasa, Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat ingin memberikan hiburan kepada masyarakat yang menanti saat berbuka puasa di Masjid Istiqlal. 

"Dipilih Istiqlal, karena di sini merupakan salah satu destinasi wisata religi di Jakarta Pusat yang selalu ramai karena nyaman menunggu waktu berbuka puasa dan kali ini kita berkolaborasi dengan unilever yang menghadirkan tausiah menjelang berbuka dan memberikan makanan berbuka puasa," katanya.

Wiwik menambahkan antusiasme masyarakat terhadap irama jakarta sangat bagus dan selalu dipenuhi masyarakat. "Melihat antusiasme masyarakat pihak masjid istiqlal mengusulkan untuk kegiatan ini menjadi agenda tetap Parekraf bahkan tidak hanya di bulan Ramadan," ucapnya.

"Harapannya masyarakat yang beribadah di bulan Ramadan menjadi semakin tenang dan khusyuk, selain batinnya diisi oleh tausiah agama juga diseimbangkan dengan musik-musik Islami agar tidak bosan," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu penonton Irama Jakarta Andi Pratama mengaku senang dengan adanya kegiatan ini karena menyejukkan hati dengan adanya lantunan musik-musik Islami dan tausiah agama.

Menurut Andi, dirinya sengaja datang bersama istrinya untuk berbuka puasa di salah satu masjid terbesar se-Asia Tenggara ini.

"Seru, enak ngumpul bareng berkegiatan yang memberikan kesan tersendiri di bulan Ramadan sambil menunggu waktu berbuka puasa," ujarnya.