Terkait Proklim Utama, Kabag PKLH Tinjau RW 06 Kelurahan Petojo Utara

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Kabag PKLH meninjau kolom gizi di RW 06 Kelurahan Petojo Utara. Foto: Maulana

Kepala Bagian (Kabag) Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Setko Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus bersama tim melakukan peninjauan Program Kampung Iklim (Proklim) yang kali ini menyasar ke RW 06, Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Selasa (4/6).

Martua mengatakan, peninjauan ini dalam rangka pembinaan kepada jajaran 01 yang akan menghadapi verifikasi lapangan (verlap) dari Tim Penilai Proklim Utama Tingkat Nasional.

Menurutnya, yang menjadi fokus verifikasi terdiri dari tiga aspek yakni, adaptasi, mitigasi, dan kelembagaan. "Tadi kita lihat persiapannya sudah baik namun, dengan waktu yang masih ada ini kita bisa gunakan untuk menyempurnakan terlebih dalam hal paparan materi yang nanti bisa ditambahkan apa saja yang menjadi unggulannya," katanya.

Martua bersama tim juga sempat meninjau Gang Hijau yang menjadi andalan RW 06. "Di sini unggulannya adalah gang hijau dan area non kendaraan bermotor. Ini sangat jarang di tempat-tempat lain, diharapkan dapat menciptakan udara yang sejuk," ujarnya.  

Dia juga sangat optimis RW 06 Petojo Utara ini layak masuk dalam Proklim Utama karena dari warga sendiri hingga kelembagaannya sangat kompak dan guyub dalam penataan kawasan yang dilakukan.

"Sangat optimis RW 06 ini dapat masuk dalam Proklim Utama, bisa kita lihat dari kekompakan warganya, kelembagaannya juga aktif, apalagi pemanfaatan sampah daur ulang dengan pemilahan sampahnya berjalan hampir 60 persen," tandasnya.