Terkait Proklim Utama, Tim Verlap Kementrian LHK Kunjungi RW 03 Cikini

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Tim verlap meninjau Proklim di RW 03 Cikini. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Penilai Verifikasi Lapangan (Verlap) Proklim (Program Kampung Iklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta perwakilan dari Dinas LH Provinsi DKI Jakarta mendatangi RW 03, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

Tim penilai diterima langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting didampingi para pejabat terkait.

Asekbang mengatakan, dilihat dari indikator yang diverifikasi oleh tim penilai, pihaknya optimis RW 03 Cikini ini mampu memperoleh Proklim Utama karena telah memenuhi syarat-syarat yang diajukan.

“RW 03 ini sudah memenuhi persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh tim verifikasi sebagai indikator penilaian. Tadi juga ada sesi tanya jawab dan Ketua RW 03 menjawabnya dengan baik serta menunjukan dengan fakta bahwa di lapangan nyata adanya, mulai dari biopori, pintu air, ketahanan pangan, juga kolam gizi,” katanya.

Bakwan Ferizan Ginting juga mengucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan di RW 03 Cikini.

“Saya berterima kasih untuk para warga masyarakat yang sangat kompak, perangkat wilayah, ada camat, lurah, dan ketua RW 03 telah berdedikasi dalam membangun lokasi ini dengan baik,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, untuk verlap dari Kementerian LHK dan perwakilan Dinas LH akan berlangsung dalam 2 hari. Hari ini dan besok.

“Jadi untuk hari ini di waktu yang bersamaan tim mengunjungi dua lokasi berbeda, yaitu RW 03 Cikini dan RW 01 Gambir, sedangkan besok giliran RW 06 Petojo Utara dan RW 13 Kebon Kosong,” tandasnya.