Tim Penilai Lomba Kelurahan Lakukan Verlap di Kebon Kosong dan Kartini

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Aspem meninjau hidroponik di Kebun Bhineka. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan verifikasi lapangan (verlap) Lomba Kelurahan Tingkat Kota yang berlangsung di dua lokasi.

Dua lokasi tersebut yaitu, Kelurahan Kebon Kosong yang dihadiri Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany, sedangkan di Kelurahan Kartini dipimpin oleh Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Selasa (14/5).

Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Kelurahan Kebon Kosong selama ini terlebih selalu ada perkembangan di Kebun Bhineka.

"Lokasi prioritas dari Kelurahan Kebon Kosong ini terkait dengan pertanian hidroponik artinya, semua akan ada evaluasinya, dan ada penilaiannya karena semua mengacu pada Permendagri 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan," ujar Denny.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan bawah penilaian ini merupakan upaya dalam melakukan evaluasi di seluruh pelaksanaan program kegiatan dan pembangunan yang ada di kelurahan.

Menurutnya, untuk kriteria penilaian Kelurahan Kartini masih harus memastikan tidak hanya secara administratif, tapi bagaimana hal itu dapat dilaksanakan baik itu di lingkungan warga, seluruh jalan-jalan utama, tempat-tempat usaha, dan tempat sosial.

"Mudah-mudahan hasil hari ini dapat menjadikan bahan masukan kami juga sebagai tingkat kota melalui beberapa UKPD yang tergabung dalam tim penilai untuk mengevaluasi program kegiatan yang ada di Jakarta Pusat," ucapnya

Di tempat yang sama, Lurah Kartini Ati Medina menjelaskan, selama 2 minggu mempersiapkan untuk ikut dalam lomba kelurahan dan ada empat lokasi yang akan ditinjau dari tim penilai.

"Persiapan kita kurang lebih 2 minggu dan ada empat titik yang memang kita angkat yaitu, di RW 03, 07, 04 termasuk kantor Kelurahan Kartini," tutup Ati.