Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Gelar Sosialisasi Kepemiluan

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi Kepemiluan. Foto: Malik Maulana

Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany membuka Sosialisasi Kepemiluan yang diinisiasi Bawaslu DKI Jakarta bekerja sama dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) terkait pengawasan dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2024. 

Sosialisasi ini, kata Denny, dalam rangka penyatuan persepsi dan pemahaman terkait pemilu khususnya dalam hal pengawasannya dan FKDM tugasnya bersifat antisipasi. 

"Tugasnya FKDM itu memantau, melihat, apabila nanti ada temuan pelanggaran mereka meneruskan kepada Bawaslu, Panwascam, dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) yang ada di kelurahan. Jadi secara fungsinya teman-teman FKDM ini memonitor saja, untuk ranah penindakan ada pada Bawaslu," katanya, di Ruang Serbaguna Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (29/1).

Menurutnya, dengan adanya FKDM pelaksanaan pemilu bisa terawasi dengan baik dan berjalan dengan jujur dan adil. 

"Saya berharap dengan dikumpulkannya  teman FKDM hari ini, mudah-mudahan pelaksanaan pemilu bisa terawasi, bisa berjalan dengan asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Lantas)," ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris FKDM DKI Jakarta Puriawan mengatakan, sosialisasi kepemiluan bagi para FKDM dalam rangka mendeteksi dini gangguan dan hambatan pada Pemilu Tahun 2024. 

"Saya berharap FKDM tidak hanya menjadi pemilih, tapi juga menjadi bagian pelaku sejarah suksesnya Pemilu 2024," harapnya.