TP PKK Jakpus Gelar Peningkatan Kader Pokja II Lewat Program Gelari Pelangi

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Peningkatan kapasitas lewat program Gelari Pelangi bagi kader PKK. Foto: Maulana

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar peningkatan kader Pokja II dalam program unggulan Gerakan Keluarga Indonesia (Gelari Pelangi) Tahun 2024.

Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Wien Yulianti menjelaskan, Gelari Pelangi merupakan kegiatan turunan yang berasal dari PKK Pusat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penguatan ekonomi keluarga, dan keterampilan.

"Acara pagi ini diikuti oleh 100 peserta, berasal dari para Ketua TP PKK Kecamatan, Pokja II Kecamatan, dan para pengelola RPTRA di bidang Pokja II," jelasnya, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

Wien berharap semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini para kader mendapatkan ilmu baru yang bisa diaplikasikan di wilayahnya masing-masing.

"Selamat mengikuti kegiatan ini semoga ilmu yang diberikan oleh narasumber dapat bermanfaat dan berdampak positif serta bisa diaplikasikan di wilayahnya masing-masing," katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, pelatihan dari program Gelari Pelangi untuk peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi.

"Jadi point utama dari Gelari Pelangi ini yaitu, peningkatan minat membaca, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan ekonomi keluarga," ujarnya.

Ucu meminta kepada para Ketua TP PKK Kecamatan untuk membuat pilot projek di wilayahnya masing-masing.

"Di tingkat kecamatan diharapkan untuk membuat pilot projek, dan tidak hanya tingkat kecamatan saja tapi di tiap-tiap kelurahan diharapkan juga bisa mengadopsi programnya Gelari Pelangi," ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kota Administrasi (Sekko) Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menambahkan bahwa Pemkot Administrasi Jakarta Pusat  sangat mendukung Gelari Pelangi dan akan memfasilitasi seluruh perencanaan, materi, maupun pendistribusian hasil keterampilannya.

"Pada Gelari Pelangi kita akan libatkan semua unsur seperti, masyarakat, PKK, pemerintah, dan unsur dunia usaha untuk bersatu padu dalam mensukseskan kegiatan ini," imbuhnya.

Iqbal juga berharap semoga dengan terselenggaranya Gelari Pelangi dapat menumbuh kembangkan minat baca pada generasi muda.