TP PKK Kolaborasi Sudin PPAPP Selenggarakan Seminar dan Lokakarya di Bogor

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Semiloka di 5G Resort, Bogor. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat kolaborasi dengan Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) selenggarakan seminar dan lokakarya (semiloka) di 5G Resort, Jalan Kolonel Bustomi, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (29/7).

Semiloka tahun ini mengusung tema 'Memperkuat Peran PKK dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera di Era Digital'. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader dalam menjalankan program-program PKK.

Diawali dengan pemberian materi public speaking dasar oleh narasumber Nikki Sarah Yuliana di pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan capacity building di siang hari, dan ditutup dengan gala dinner yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma pada malam harinya.

Dhany mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan bisa membuat para kader PKK menjadi lebih erat, kompak, dan guyub.

"Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas para kader PKK di tingkat kota sekaligus meningkatkan keeratan antar pengurus. Kalau pengurusnya erat, kompak insyaallah akan berdampak pada kinerja organisasi PKK dalam melakukan pemberdayaan keluarga," ujarnya.

Dhany juga memberikan pesan kepada para kader untuk tetap semangat dan berkomitmen dalam menciptakan keluarga yang berdaya.

"Kita harus mengedepankan komitmen yang kuat, semangat, dan orientasi dalam menciptakan keluarga yang berdaya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari PKK Tingkat Kota dan Sudin PPAPP Jakarta Pusat.

"Kegiatan semiloka ini dilaksanakan rutin setahun sekali, dan pada tahun ini semiloka Jakarta Pusat diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Sudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat," jelasnya.

"Semoga setelah dilaksanakannya kegiatan semiloka ini para kader bisa semakin ikhlas, semakin tulus, dan juga bisa lebih berinovasi lagi dalam menjalankan tugasnya," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas (Kasudin) PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Dwi Wahyu Riyanti mengaku sangat senang karena sudah diterima menjadi bagian dari keluarga besar Jakarta pusat.

"Terima kasih, puji syukur saya sangat senang sekali karena ini merupakan pertama kalinya saya mengikuti kegiatan semiloka dan mungkin juga menjadi yang terkahir karena sebentar lagi saya akan memasuki masa purnatugas," katanya.

Menurutnya, banyak pelajaran yang didapat dari kegiatan capacity building seperti, melatih kesabaran, melatih komunikasi, dan melatih kekompakan.

Turut hadir pada kegiatan ini Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Pusat M. Reza Pahlevi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Ahmad Joehandi, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PKK Jakpus, Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga PKK Jakpus, Ketua III Bidang Penguatan Kesehatan Keluarga PKK Jakpus, Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan PKK Jakpus.