TPPS Laksanakan Intervensi Stunting Aksi 3 dan 4

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Penandatangan rembuk stunting. Foto: Malik Maulana

Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) melaksanakan intervensi stunting Aksi 3 dan 4, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (25/6).

Pada kesempatan ini, TPPS Kota Administrasi Jakarta Pusat membahas Rembuk Stunting Tingkat Kota Jakarta Pusat (Aksi 3) dan Regulasi Wali Kota Percepatan Penurunan Stunting (Aksi 4).

"Tujuan aksi ketiga untuk mendapatkan komitmen dari pemangku kepentingan.  Sementara untuk aksi keempat untuk memberikan kepastian hukum yang dapat digunakan sebagai rujukan bagi organisasi perangkat daerah termasuk kecamatan dan kelurahan dalam melaksanakan kegiatan yang mendukung upaya pencegahan penurunan stunting," kata Kasuban Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Administrasi Jakarta Pusat Agus Sanyoto dalam laporannya.

Selain itu, lanjutnya, ada Penandatanganan 8 Aksi Konvergensi Pencegahan dan Penurunan Stunting serta Berita Acara Hasil Kesepakatan Rembuk Stunting Tahun 2024 sebagai komitmen bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat dalam pencegahan penurunan stunting.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan, delapan aksi konvergensi merupakan salah satu strategi yang dirasakan cukup efektif di dalam penurunan stunting karena ada visi dan komitmen kepemimpinan, komunikasi tentang perubahan perilaku, ketahanan pangan terkait asupan gizi, kemudian pengelola data dan informasi.

"Sebelumnya kita melaksanakan analisa situasi, intervensi program kegiatan, dan hari ini membangun komitmen bersama melalui kegiatan rembuk stunting yang akan dikuatkan dengan regulasi," ucapnya.

Untuk itu, lanjut Dhany, segala sesuatu yang dilakukan harus ada capaian target atau progresnya. "Bangun komitmen bersama bukan hanya sekedar tandatangan tetapi ada tanggung jawab yang melekat pada diri kita masing-masing untuk menjalankan amanah menurunkan angka stunting dan strategi di lapangan menjadi kuncinya," ucap Dhany.

"Dengan kebersamaan, koordinasi, implementasi, dan evaluasi target capaian saya yakin kita bisa menurunkan angka stunting," imbuhnya.