Wali Kota Jakpus Serahkan Kunci Hasil Bedah Rumah di Wilayah Kelurahan Kampung Rawa

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan kunci hasil bedah rumah. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menyerahkan kunci hasil bedah rumah kolaborasi antara Baznas Bazis dengan Satpol PP Kecamatan Johar Baru, di Rawa Sawah V, No. 12 RT 06 RW 08, Kelurahan Kampung Rawa, Kamis (30/5).

Dhany menjelaskan, kegiatan bedah rumah ini awalnya diinisiasi oleh Satpol PP Kecamatan Johar Baru yang prihatin dengan kondisi rumah Pak Tri Budi karena kurang layak, tidak ada air, dan listrik.

Bedah rumah ini, juga hasil dari setoran Satpol PP Kecamatan Johar Baru pada Zakat Infak Sedekah (ZIS) melalui Baznas Bazis yang rutin dilaksanakan setiap bulan, di samping ada dari ASN, pengurus RT dan RW.  Hasil pengumpulan itu didayagunakan melalui program bedah rumah.

Alhamdulillah tahun ini ada 70 rumah yang kita bedah, delapan bedah rumah pasien Tuberkulosis, ada juga penataan kawasan eks kebakaran di Menteng, jadi total ada sekitar 100 rumah di Jakarta Pusat yang dibedah,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan bedah rumah dan aktivitas sosial yang kita lakukan dapat bermanfaat untuk keberlangsungan kehidupan yang baik khususnya di wilayah Jakarta Pusat,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Raja Zamzami mengatakan, bahwa apa yang selalu dilaksanakan pihaknya dapat tersalurkan bagi warga yang membutuhkan.

Alhamdulillah kita sangat berterima kasih sekali, program yang kita jalankan bisa sampai kepada yang sangat membutuhkan seperti, Pak Tri ini, selama 4 tahun tidak mempunyai air bersih dan listrik. Kini rumahnya sudah bisa ditempati dengan nyaman,” ucapnya.

Menurutnya, bedah rumah ini terjalin berkat berbagai pihak, dan diimbau kepada segenap masyarakat untuk dapat menginformasikan apa yang telah dilakukan Baznas Bazis dengan dana dari ZIS agar bisa tersalurkan dengan baik.

Di tempat yang sama, Tri Budi selaku pemilik rumah mengaku sangat senang dan bersyukur rumahnya menjadi layak huni.

"Saya sangat senang dan bahagia sekali. Saya ucapkan terima kasih kepada segenap perangkat Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, pihak kecamatan, dan kelurahan yang telah membantu terlaksananya bedah rumah ini," tutupnya.