Wali Kota Jakpus Tutup Jumbara PMR IAC ke-XI

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba di hari terakhir Jumbara. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menutup kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Inter Amar Carita (IAC) ke-XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Lapangan Kempi 4, Rabu (26/6). 

Kegiatan yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat ini diikuti oleh 1.107 peserta anggota PMR se-Jakarta Pusat.

Dhany sangat bersyukur karena kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat membentuk karakter anak menjadi seorang pemimpin.

"Alhamdulillah ini merupakan pembelajaran yang sangat efektif di dalam pembentukan karakter pada anak, para pemimpin-pemimpin hebat yang kita berikan wadah untuk mereka melakukan interaksi, menunjukkan prestasinya, dan ternyata dari 3 hari pelaksanaan mereka terlihat bahagia, gembira, dan sangat berekspresi," jelasnya didampingi Ketua Panitia Penyelenggara IAC ke-XI PMI Kota Jakarta Pusat Ucu Jamilah 

Menurut Dhany, kegiatan aktivitas diluar sekolah perlu diperbanyak untuk dapat membentuk karakter anak yang kuat dalam menyongsong generasi emas tahun 2045. 

Di tempat yang sama, Ketua PMI Jakarta Pusat Asep Djuanda mengungkapkan, di hari terakhir pelaksanaan Jumbara ini akan dibagikan piala kepada para peserta yang telah berhasil menjuarai perlombaan.

"Ada 31 set piala yang akan kita bagikan kepada para pemenang lomba, di antaranya lomba gerobak sodor, tarik tambang, dan bakiak," ungkapnya.

Para peserta yang mengikuti penutupan Jumbara PMR IAC ke-XI, lanjut Asep, diminta untuk mengenakan pakaian encim dan sadariah guna melestarikan budaya Betawi sekaligus memperingati HUT Kota Jakarta ke-497

Sementara itu, peraih Juara Umum Tingkat Wira Jumbara PMI Kota Jakarta Pusat IAC ke-XI, Rivaldi Ardiansyah dan Syifa Alifia mengaku sangat gembira karena selama mengikuti Jumbara ini mereka mendapatkan banyak hal positif.

"Sangat senang sekali karena di sini kami dapat bebas berekspresi, berkreasi, mendapat teman baru, ilmu baru, dan pengalaman baru," ujarnya.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Wali Kota Jakarta Pusat, Ketua Panitia Penyelenggara IAC ke-XI PMI Kota Jakarta Pusat serta tim lainnya yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga ke depannya kegiatan ini bisa lebih meriah lagi, lebih banyak lagi pesertanya, dan dapat mengundang life skill dari luar negeri," tutupnya.