Wawali Buka Festival Muharam 2024

Reporter: Muhammad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan Festival Muharam Tahun 2024. Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Baznas Bazis berkolaborasi dengan Kementerian UMKM, dan TP PKK menggelar Festival Muharam 2024. 

Wakil Walikota (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir mengatakan, Festival Muharam akan dilangsungkan selama 3 hari yang akan diisi dengan berbagai perlombaan dan juga bazar UMKM.

"Selama 3 hari ini akan ada bazar dan juga lomba-lomba rohani seperti marawis, nasyid, dan qasidah," ujarnya, di Plaza Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (30/7).

Chaidir menambahkan, para peserta yang mengikuti lomba disaring dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bernaung di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat Wilayah 1 dan 2.

"Kita Khususkan untuk anak-anak sekolah. Selain itu, ada lomba yang melibatkan perwakilan dari Kelurahan dan Kecamatan juga," katanya

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Raja Zamzami mengatakan selain bazar dan lomba, pada kegiatan tersebut turut dilakukan pemberian santunan kepada kaum duafa.

"Kami salurkan santunan kepada 350 orang anak yatim, 1.300 orang guru honorer, guru PAUD, dan guru Ngaji, serta 100 orang Da'i," terangnya.

Untuk diketahui, hari ini dilakukan lomba Pembukaan UUD 1945 (essay), Nasyid, Marawis, dan Hadroh. Dan akan ada beberapa lomba di hari besoknya.