Wawali Buka Rapat Evaluasi Penilaian KKPHAM Tahun 2023

Reporter: Nila Magang  | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali membuka evaluasi KKPHAM. Foto: Malik Maulana penilaian

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir membuka evaluasi penilaian Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKPHAM) Tahun 2023 dan bimbingan teknis pengisian kuesioner penilaian lomba untuk kabupaten dan kota peduli HAM tahun 2024.

Chaidir mengatakan, untuk Jakarta Pusat sudah mendekati nilai sempurna yang berkaitan dengan lomba Peduli HAM.

“Alhamdulillah, terkait Peduli HAM Jakarta Pusat angkanya sudah 86 dan mudah-mudahan nilainya akan lebih baik bisa sampai 90," katanya, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (31/1).

Chaidir juga berharap, di tahun 2024 yang berkaitan dengan kepedulian HAM, baik kuesioner dan survei bisa menjadi lebih baik lagi dan juga mencapai nilai yang sempurna.

Sementara itu, Kepala Bagaian (Kabag) Hukum Setko Administrasi Jakarta Pusat Ani Suryani mengatakan, kegiatan penilaian KKP HAM ini adalah kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan.

Menurut Ani, melihat dari komponen yang dinilai adalah bentuk pelayanan yang diberikan oleh aparat di tingkat kota khususnya Kota Administrasi Jakarta Pusat terhadap masyarakat, dan ada 10 yang dinilai.

“Penilaian peduli HAM yang dinilai ada 10 yaitu, hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, dan hak atas kependudukan, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik dan sehat serta hak atas perumahan yang layak, hak atas perempuan dan anak,” terangnya.

Ani menambahkan, komponen ini sangat terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh UKPD yang ada di Jakarta Pusat, dan Jakarta Pusat ada peningkatan dari tahun 2022 ke 2023.

Ani juga berharap, di tahun 2024 bisa mendapatkan nilai yang lebih di atas 90. "Semoga pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Pusat dapat lebih meningkat dan lebih baik lagi," tandasnya.