Aspem Jakpus Dorong PNS Kelurahan Lebih Inovatif

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany. Foto: Nelly Marlianti

Asisten Pemerintahan (Aspem) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Denny Ramdany mendorong para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tingkat kelurahan agar lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pelayanan pada masyarakat.

Hal ini diungkapkannya saat melakukan monitoring kinerja pegawai Kelurahan Kemayoran dan Kelurahan Harapan Mulya, Senin (27/9).

Baca Juga: 

Aspem: ASN Kelurahan Harus Saling Koordinasi dan Komunikasi

Dalam kesempatan ini, Denny mengatakan untuk bisa melaksanakan tugas dengan kreatif dan inovatif para PNS yang ada di kelurahan harus memahami tugas dan fungsinya terlebih dahulu. Kemudian harus mengetahui situasional dan kondisi wilayahnya. Serta harus mampu berkomunikasi dan berkolaborasi.

"Kuncinya cuma tiga harus banyak berkomunikasi harus banyak berkoordinasi, dan banyak berkolaborasi. Kalau ini semua dijalankan prinsip tugas secara organisasi, koordinasi integrasi, dan sinkronisasi ini akan terbangun," ungkapnya.

"Harapan kita teman-teman kelurahan ini bisa melaksanakan tugasnya secara normatif, sambil kita dorong untuk bisa lebih berkreatif dan berinovatif, " tambahnya.

Selain itu, Denny juga menekankan agar para PNS di kelurahan bekerja sesuai jalurnya. Sehingga ke depannya kinerja pegawai di tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan bisa berjalan dengan baik, bahkan hingga level provinsi.

Terkait adanya kekurangan SDM di tingkat kelurahan, Denny menegaskan, hal itu bukan menjadi hambatan para PNS bekerja secara dinamis. Menurutnya, monitoring ini juga menjadi salah satu upaya memotivasi untuk tetap bekerja optimal.

"Jangan karena terbatas SDM-nya, organisasi menjadi tidak dinamis. Ini salah satunya kita motivasi dan kita pacu. Kemudian kita laporkan hasilnya pada pimpinan secara berjenjang. Supaya Provinsi DKI Jakarta tahu bahwa kondisi sesungguhnya pegawai yang ada dikelurahan ini memang perlu ada penyempurnaan dan penambahan," tandasnya.