IKRA di Kelurahan Paseban Ditinjau Biro Dikmental Setda DKI Jakarta

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pelaksanaan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan 3 di Kelurahan Paseban. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sebanyak 269 orang yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelaksanaan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan 3 yang diikuti lima kelurahan meliputi Kelurahan Kenari, Paseban, Kwitang, Senen, dan Kramat.

Dari Lima Kelurahan yang terlibat, Kelurahan Paseban terpilih sebagai wilayah yang pelaksanaan dimonitor dan ditinjau langsung oleh Kasubag Perpustakaan dan Arsip Biro Dikmental Erni Yulia bersama Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan dan Tenaga Perpustakaan Dinas Pusip DKI Jakarta Priyambodo, Senin (13/9) siang.

Kasubag Perpustakaan dan Arsip Biro Dikmental DKI Jakarta Erni Yulia berharap kegiatan ini mampu menjadi sarana positif bagi masyarakat dengan terbatasnya aktivitas yang bisa dilakukan dalam situasi seperti ini. Meski demikian, monitoring tetap dilakukan dengan tetap memperahtian protokol kesehatan.

"Mudah-mudah ini menjadi sarana positif bagi masyarakat, namun monitoring tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Erni Yulia didampingi pejabat fungsional Pustakawan Sudin Pusip Jakarta Pusat Rahmatul Karima.

Erni juga berharap, kolaborasi agar terus dilakukan dengan para pihak terkait guna mendorong daya baca dan pembiasaan kegiatan literasi masyarakat. Partisipasi aktif merupakan salah satu bentuk dukungan masyarakat dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Literasi dan Berbudaya Baca.

"Semoga kegiatan ini dapat terus berkesinambungan, karena sejatinya IKRA bisa menjadi sarana mendekatkan orang tua dan anak karena keluarga adalah sekolah pertama bagi anak," harapnya.

Sementara itu, pejabat fungsional Pustakawan Sudin Pusip Jakarta Pusat Rahmatul Karimah mengatakan, Kelurahan Paseban terpilih menjadi area yang ditinjau langsung karena dinilai aktif dan konsisten untuk mengikuti kegiatan IKRA yang berlangsung mulai 6 September 2021 lalu.

"Antusiasme warga mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Ini terbukti dari laporan kegiatan bahwa Kelurahan Paseban selalu menjadi yang terbanyak mengirimkan dokumentasi kegiatan, baik foto maupun video," ungkap Karimah.

Baca Juga: 

Anak PAUD dan SD di Lima Kelurahan Ikut IKRA