Irwandi Minta Limbah Masker Dipilah

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi meminta warga dan dunia usaha untuk memilah limbah masker yang telah digunakan sebagai langkah penanganan Covid-19.

Irwandi mengatakan, tempat-tempat usaha seperti pasar, mal, hotel perlu menyiapkan tempat pembuangan khusus limbah masker bagi para pengunjung. Sebab, para pengunjung bisa saja membuang masker bekas pakai pada tempat sampah. Padahal seharusnya limbah masker tersebut dipisah, guna menghindari penyebaran virus dari masker bekas pakai.

"Limbah masker ini jangan disamakan, jangan dibuang di tempat terbuka harus dibuang di tempat tertutup sebelum menyebar," ungkapnya, saat dikonfirmasi Kamis (1/7). 

"Jadi nanti disiapkan tempat sampah khusus limbah medis di pasar-pasar dan mal untuk pengunjung yang buang limbah masker," katanya.

Baca Juga: 

Irwandi Minta Warga Jangan Panik Tanggapi Isu Lockdown Jakarta

Wakil Wali Kota Minta Pengelola Mal dan Pasar Pasang Spanduk 

Irwandi menjelaskan, usai dipisahkan limbah masker tersebut nantinya akan dibawa petugas Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup (LH) Kota Administasi Jakarta Pusat. Nantinya pengelola pasar maupun mal, tinggal berkoordinasi dengan Satuan Pelaksana (Satpel) LH yang ada di kelurahan maupun di kecamatan untuk mengetahui jadwal pengangkutan limbah masker. 

"Jadi nanti dikoordinasikan dengan Satpel LH kelurahan untuk dijadwalkan penjemputan limbah masker,” tandasnya.