Pemkot Jakpus Kolaborasi Keruk Kali Grogol

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Zahra PKL

Setelah beberapa waktu lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat dan Pemkot Administrasi Jakarta Selatan meninjau Kali Grogol. Kini keduanya kembali bertemu dalam koordinasi tindak lanjut penanganan banjir luapan Kali Grogol.

Baca Juga:

Pemkot Jakpus dan Jaksel Kolaborasi Benahi Kali Grogol

Pertemuan tersebut terkait pengerukan Kali Grogol berlangsung di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (30/11).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerangkan kolaborasi pengerukan Kali Grogol ini dilakukan guna mengantisipasi banjir. Selain itu, keberadaan Kali Grogol yang berada di dua wilayah Jakpus dan juga Jakarta Selatan (Jaksel). Sehingga, penangananya memerlukan satu kesatuan utuh.

“Kalau dilihat dari patok-nya, kali masuk di Jaksel, Barat-nya masuk Jaksel, Timur-nya masuk Pusat. Sehingga penangananya tidak boleh ada ego sektoral,” ungkapnya.

Dhany mengatakan, untuk melakukan pengerukan di area Kali Grogol harus dilakukan di dua titik. Sebab, secara sistem air tidak berhenti di satu titik. Sehingga, penanganan akan dilakukan di dua wilayah Pusat dan Selatan.

“Intinya kita ingin intervensi dengan pengerukan Kali Grogol silahkan ambil bagian. Kita akan lakukan pengerukan lebih dulu, sebab untuk normalisasi membutuhkan waktu yang lama,” jelasnya.

Terkait waktu pelaksanaan pengerukan, rencananya akan dilakukan pekan depan.