Peringati Hari Sumpah Pemuda, FKDM Bekolaborasi dengan Pemkot Jakpus Gelar Donor Darah

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendonorkan darahnya saat pelaksanan donor darah di kantor wali kota setempat. Foto: Malik Maulana

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar donor darah yang akan berlangsung selama empat hari.

Hari pertama pada hari ini, Selasa (26/10) hingga Rabu (27/10) berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir.

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Berkolaborasi dengan FKDM Bakal Gelar Donor Darah 

Di hari kedua pada hari Sabtu (30/10) hingga Minggu (31/10) akan berlangsung di SMKN 1 Jakarta. Ditargetkan 1.000 pendonor, 500 di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, 500 di SMKN 1 Jakarta.

Ketua FKDM Kota Administrasi Jakarta Pusat Patriyuni mengatakan, kegiatan donor darah ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021. 
Patriyuni juga mengingatkan sebagai pemuda Indonesia harus peduli dengan sekitar, salah satunya dengan donor darah.

"Kita yang muda-muda inilah yang harus giat gitu ya, dengan setetes darah kita yang muda-muda ini bisa membantu yang lain yang kekurangan darah," ujar Patriyuni.

Alasan pemilihan sekolah menjadi salah satu lokasi donor darah, lanjutnya, adalah sebagai edukasi untuk adik-adik di sekolah bahwa di usia 17 tahun atau di kelas 3 itu sudah bisa jadi peserta donor darah.

"PMI kan sangat butuh darah banyak. Jadi kita mengarahkan pendonor pemula ini juga hadir," lanjut Patriyuni.

Di tempat yang sama, Wali Kota Adminitrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma berharap masyarakat mau ikut menyumbangkan darahnya untuk gerakan kemanusiaan. Karena di luar sana banyak sekali masyarakat yang membutuhkan darah.

"Supaya stok darah yang ada di PMI DKI Jakarta tetap tersedia maka kegiatan donor darah seperti ini sangat dibutuhkan dan stok darah bisa terpenuhi," imbuhnya usai mendonorkan darahnya.

Untuk diketahui, pegelaran donor darah ini juga berkolaborasi dengan PD PAL Jaya, SEHATY DKI, dan komunitas Ranger 22.

Turut dihadiri Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi, dan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin.