Puskesmas Kecamatan Menteng Gelar SERULING di Pos RW 03 Cikini

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Puskesmas Kecamatan Menteng menggelar swab seru keliling yang dilaksanakan di Pos RW 03 Kelurahan Cikini. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Penurunan angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Jakarta Pusat tidak menyurutkan jajaran tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Menteng untuk melakukan swab test secara acak.

SERULING atau Swab Seru Keliling merupakan gebrakan dari Puskesmas Kecamatan Menteng untuk mengetahui naik atau turunnya angka positif Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Menteng.

Dengan menerjunkan enam tenaga kesehatan, swab seru keliling dilaksanakan di Pos RW 03 Kelurahan Cikini.

Kepala Satuan Pelaksanan (Kasatpel) Upaya Kesehatan Perorangan Puskesmas Kecamatan Menteng dr. Jonathan Aditama menjelaskan bahwa setiap pelaksanaan SERULING ini disediakan 50 hingga 100 alat test.

“SERULING ini sudah berjalan dari 19 Agustus 2021 kemarin dan akan terus berlangsung hingga adanya lonjakan kasus positif terbaru nantinya,” ungkap Jonathan.

Lebih lanjut Jonathan mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini yaitu agar tidak adanya kasus positif yang tersembunyi. Sehingga nantinya pihak puskesmas dapat melaksanan upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) dengan baik.

Menurutnya, pemilihan lokasi SERULING ini berdasarkan atas jumlah kasus yang tertinggi saat pelonjakan bulan Juni lalu.

“Kegiatan yang kita lakukan setiap hari Selasa, Kamis, dan Jumat ini tidak hanya menyisir wilayah padat penduduk, nantinya juga akan dilaksanakan di perkantoran sekitar Menteng,” tutupnya.

Baca Juga: 

Wali Kota Jakpus Tinjau Vaksinasi di RW 10 Menteng

Mobil Vaksin Keliling Mendatangi Warga RW 01 Kelurahan Menteng

Wakil Camat Menteng Minta ASN Ingatkan Warga Jalani Prokes