Terkait Pertanian Perkotaan, KPKP Gelar Webinar Sistem Minimalis Memberikan Hasil Maksimalis

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi (tengah) membuka webinar pengembangan pertanian perkotaan atau urban farming. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggelar webinar pengembangan pertanian perkotaan atau urban farming.

Kegiatan yang berlangsung secara virtual ini mengangkat tema 'Sistem Minimalis Memberikan Hasil Maksimalis' dibuka Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi, di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (13/12).

Dalam sambutannya, Irwandi mengatakan, berdasarkan hasil penelitian kombinasi pertanian dan perkotaan dalam berbagai skala mampu mendukung tiga dimensi ketahanan pangan yakni, ketersediaan pangan, akses pangan, dan pemanfaatan pangan.

"Dengan mampu memproduksi sejumlah sayuran untuk pasar lokal dalam berkontribusi pada stabilitas pangan dari hasil pertanian perkotaan," katanya.

Irwandi juga menambahkan, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi para peserta terkait dengan pengembangan pertanian perkotaan yang dapat diterapkan di lingkungan rumah, bahkan bisa dijadikan sumber penghasilan.

"Saya mengharapkan semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir secara komperhensif, sehingga apa yang disampaikan narasumber bisa bermanfaat bagi kita semua," jelasnya.

Sementara itu, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pujiastuti menerangkan, kegiatan Bersemi (berbagi semua informasi) di bulan Desember terdiri dari tiga rangkaian.

"Bersemi 1 telah dilakukan pada 7 Desember 2021 dengan kegiatan sajian sehat berbahan daging ayam dan panganan daging ayam ASUH. Bersemi 2 dengan kegiatan sajian sehat kekinian dengan pangan lokal pada 8 Desember 2021. Dan hari ini Bersemi 3 dengan kegiatan webinar terkait sistem minimalis memberikan hasil maksimalis," Penty menerangkan.

Baca Juga:

Sudin KPKP Jakpus Gelar Webinar Olahan Ayam

Pada Bersemi 3 ini, lanjutnya, melibatkan dua narasumber dari Urban Farming Officer PT East West Seed Indonesia dengan materi, Optimalisasi Lahan Sempit dengan Pertanian Masa Depan. Serta dari Ba Denkomlek Paspampres dengan materi, Pemanfaatan Rooftop Bangunan Sebagai Lahan Produktif.

"Kegiatan webinar ini diikuti 200 peserta dari penggiat urban farming, pengelola gang hijau, kader PKK, Dasawisma, Jakpreneur, serta masyarakat umum berasal dari wilayah Provinsi DKI Jakarta," jelasnya.

Penty berharap, webinar ini dapat menjadi inspirasi untuk bisa berkreasi dan berinovasi di dalam pengembangan pertanian perkotaan di wilayah masing-masing.