Kecamatan Tanah Abang Gelar  Sosialisasi Relokasi Pedagang Sate Taichan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kecamatan Tanah Abang menggelar sosialisasi kepada Komunitas Pedagang Sate Taichan. Foto: Malik Maulana

Kecamatan Tanah Abang menggelar sosialisasi kepada Komunitas Pedagang Sate Taichan yang berada di sepanjang Jalan Tentara Pelajar dan Hang Lekir.

Sosialisasi ini berlangsung, di Aula Kantor Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (6/6).

Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut rencana relokasi para pedagang yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan manajemen Senayan City.

"Tadi kita sudah sampaikan sosialisasi ketentuan-ketentuan berdagang di Senayan City dan pedagang menyepakati itu, tinggal pelaksanaannya," katanya.

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Akan Relokasi Pedagang Sate Taichan ke Senayan City

Sebelum pelaksanaan, lanjut Dicky, akan dilakukan pengundian untuk menentukan lokasi kios para pedagang. "Hari Rabu, pukul 09.00 WIB akan kita lakukan pengundian kios," ucapnya.

Dicky memaparkan, ada 56 pedagang yang akan menempati kios di Senayan City dengan bergantian. "Karena kios yang disiapkan pihak Senayan City ada 29 kios maka 56 pedagang tersebut akan kita bagi dua grup, yang masing-masing grup terdiri dari 28 pedagang, nantinya setiap grup bergantian seminggu jualan dan seminggu libur," paparnya.

Dicky menuturkan bahwa para pedagang akan dibuatkan surat pernyataan yang berisi persetujuan memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut, dan tidak akan melakukan jual beli atau menyewakan kiosnya.

"Kita buatkan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai dan akan diawasi terus bersama pihak Senayan City, jika melanggar akan kita beri peringatan 1, 2, 3 dan jika sudah diingatkan tetapi tetap melanggar maka sesuai dengan surat pernyataan akan kita evaluasi, berlaku untuk semuanya," tegas Dicky.

Sementara itu, Yopi salah satu pedagang mengaku setuju dengan adanya penataan kawasan dan relokasi.  Menurutnya, ini merupakan salah satu tindakan pemerintah setempat sesuai moto gubernur yaitu maju kotanya, bahagia warganya.

Yopi menambahkan bahwa para pedagang senang untuk ditata atau direlokasi ke Senayan City karena penggemar taichan sangat bagus namun, pihaknya meminta untuk majunya jam operasional pedagang.

"Hari ini telah diterapkan, tetapi ada hal yang ingin kami diskusikan terkait jam operasional di mana dimulai dari pukul 22.00 WIB- 06.00 WIB. Harapan kita para pedagang dari jam 19.00 WIB- 03.00 WIB karena jam tersebut merupakan jam-jam konsumen datang. Kita akan diskusikan kembali agar cita-cita gubernur maju kotanya dan bahagia warganya tercapai," katanya.

Hadir dalam sosialisasi ini Kepala Bagian Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat M Yasin Pasaribu dan Lurah Gelora Nurul Huda.