Kemeriahan HBKB Jalan Suryopranoto

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko (mengenakan jaket berwarna oranye) menyerahkan bibit pohon kepada salah satu warga. Foto: Annisa Qurrotul Aini

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Jalan Suryopranoto, Kecamatan Gambir, Minggu (29/5).

Sebelumnya HBKB pertama kali telah dilaksanakan pada tanggal (22/5) lalu, setelah ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Kini HBKB pada hari ini lebih meriah, diisi berbagai kegiatan. Seperti, senam bersama, pentas seni, bazar Jakpreneur, pembagian bibit pohon, serta area bermain flying fox oleh Sudin Gulkarmat, dan area bermain sepak bola.

Baca Juga: 

Wali Kota Akan Hidupkan Kembali  Semarak HBKB di Jalan Suryopranoto

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, kedepannya pelaksanaan HBKB digelar setiap minggu dan menampilkan berbagai kegiatan. Selain itu, juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung kemeriahan HBKB ini.

"Kedepannya HBKB ini akan dimeriahkan oleh seluruh potensi wilayah yang ada di Jakpus. Tidak hanya Kecamatan Gambir, tapi tujuh kecamatan yang ada, serta kolaborasi dengan para kolaborator lainnya," ungkap Iqbal.

Iqbal juga menerangkan, dalam kegiatan HBKB ini juga dimeriahkan oleh pembagian 500 bibit pohon produktif oleh PT Kahatex bagi para warga yang mengunjungi area HBKB. Juga ada cek kesehatan gratis dari Puskesmas Kecamatan Gambir.

Iqbal menambahkan, meskipun pandemi Covid-19 sudah mulai melandai tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). "Meski sudah longgar, tapi tetap kita harus menjaga prokes di sepanjang area HBKB ini," tegasnya.