Pemkot Jakpus Akan Buat Green House di Rooftop

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Urban farming di rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (28/01). Foto: Annisa Qurrotul Aini

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) berkolaborasi dengan Baznas Bazis akan membuat green house di rooftop, kantor wali kota setempat.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerangkan, nantinya pembuatan green house ini akan dijadikan pengembangan budidaya pertanian yang ramah lingkungan. Selain itu, diharapkan dengan adanya green house ini dapat memanfaatkan area rooftop sebagai lahan pembibitan.

“Nanti desainnya akan dibuat Baznas Bazis, setelah dibuat desainnya langsung dibuat untuk rumah pembibitan,” ungkapnya usai menanam bibit golden melon di rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (28/01).

Baca Juga: 

Wali Kota Jakpus Harapkan Rooftop Jadi Lahan Urban Farming

Sementara itu, Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Penty Yunesi menerangkan, pembuatan green house ini nantinya akan diisi jenis tanaman hidroponik. Akan ada lima rak hidroponik yang akan mengisi green house.

Penty mengatakan, dalam waktu dekat green house ini akan segera dibangun. “Jadi kita harapkan nanti sayuran hidroponik yang akan kita semai di green house bisa dipanen bersamaan dengan panen melon yang di tanam Pak Wali, April 2022 mendatang,” terangnya.

Penty menjelaskan, dengan adanya green house di lokasi urban farming rooftop ini dapat menjaga kualitas sayuran hidroponik yang dihasilkan. Sebab, penanaman hidroponik di dalam green house memiliki kelebihan di banding menanam di area terbuka.

“Kelebihan green house memiliki kelembaban suhu yang terjaga, sehingga tanaman tidak langsung terpapar cuaca hujan maupun angin kencang,” tandasnya.