Jelang Lomba Tingkat Provinsi, Ketua TP PKK Tinjau Posyandu Cempaka 7

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Ucu Jamilah meninjau Posyandu Cempaka 7. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dalam rangka persiapan lomba Prestasi Posyandu Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Ucu Jamilah meninjau Posyandu Cempaka 7, di Kantor Sekretariat RW 07, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jumat (19/5) pagi. 

Ucu Jamilah dalam kunjungannya menerangkan, pihaknya ingin lebih dahulu melihat dan menilai kelebihan posyandu yang akan mewakili Jakpus dalam kompetisi tingkat DKI tersebut.

"Ternyata di Posyandu Cempaka 7 lumayan banyak inovasinya, kemudian masyarakatnya dan balitanya juga rajin untuk berkunjung ke posyandu ini," ucap Ucu di lokasi.

Ucu yang sejak kedatangannya mendatangi meja pelayanan pertama sampai meja pelayanan terakhir, memperhatikan secara detail bagaimana seluruh kegiatan pelayanan di Posyandu Cempaka 7 ini benar-benar berjalan dengan baik.

"Saya melihat kegiatan di posyandu itu biar bagaimana bisa kondusif, jadi ada taman bermain juga, kemudian balitanya juga tidak terlalu numpuk, tidak nunggu crowded lah gitu anak dan ibunya, dan para ibu juga bisa menyimak, bisa konsultasi di meja posyandu yang sudah bersinergi dengan bagus, dari meja 1-5 semua terkondisikan," papar Ucu.

Hal lain yang juga menjadi perhatiannya ialah, bagaimana Posyandu Cempaka 7 ini melakukan beberapa inovasi yang tentunya akan meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, salah satunya dengan tersedianya aplikasi digital yang dapat dijadikan panduan oleh orang tua untuk menjaga dan memantau kesehatan anak.

"Saya melihat ada namanya (aplikasi) Si Boba, yang bisa diakses sama siapa saja dan kita bisa scan QR code-nya itu sangat keren, sehingga si orang tua bisa melihat bagaimana gizi yang terbaik untuk anaknya, kapan jadwal posyandu-nya. Kemudian bisa live chat yang langsung terkoneksi dengan puskemas," terang Ucu.

Apa yang sudah dilakukan ini, menurutnya, diharapkan menjadi salah satu upaya pemerintah dalam rangka menyediakan layanan kesehatan terdekat lingkungan masyarakat.

"Semoga tidak hanya untuk lomba saja tapi terus berkembang, terus menjadi pelayanan yang terbaik di Jakpus khususnya. Sehingga, masa depan anak anak di Jakpus menjadi lebih baik, anaknya berkualitas," imbuh Ucu.

Baca Juga: 

Wali Kota Meninjau Kesiapan Posyandu Cempaka 7 Petojo Selatan 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kelurahan Petojo Selatan Hajijah Jayadi menjelaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan perihal posyandu di wilayahnya yang dijadikan perwakilan Jakpus.

Dia dan jajarannya telah melakukan pembinaan terhadap kader posyandu yang ada di wilayah, dan pihaknya juga mengaku siap apabila akan dilakukan verifikasi lapangan.

"Jadi apa yang kurang kita lengkapi, yang sudah ada kita perbaiki, yang memang diperlukan ya kita sediakan. Tapi memang sesuai dengan kebutuhan yang ada di posyandu," jelasnya.

"Untuk lomba kita berharap yang terbaik, kita berusaha semaksimal mungkin bagaimana caranya kita dapat menyajikan yang terbaik yang kita miliki," jelasnya.

Untuk diketahui, Posyandu Cempaka 7 Petojo Selatan sebagai posyandu predikat terbaik di Jakpus, memiliki ragam inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan capaian kenaikan berat badan balita untuk mencegah terjadinya balita kurang gizi.

Inovasi posyandu cempaka 7 berupa GERGAZI (Gerakan Pencegahan Balita Gizi Kurang) di mana terdiri beberapa kegiatan, yaitu, Koala (Kolaborasi Budidaya Pangan untuk diolah) berupa kolam ikan dan sayuran hidroponik, Ibu Jelita (Juru Pemerhati Gizi Balita), Bakulita (Bakul Olahan Pangan untuk Balita), Kelas Mamalita (Modifikasi Menu Makan Bergizi untuk Balita), Si BOBA (Buku Monitoring Gizi Balita), Duta Balita Sehat (setiap 6 bulan sekali), Tamarin (Taman Bermain Interaktif), POCI (Pojok Asi Cilik), dan HOPES ( Hotline Pelayanan Kesehatan Balita).