KPKP Cempaka Putih Gelar Pelatihan Memasak Gunakan Kompor Listrik

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Penggunaan kompor listrik. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Satpel Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Cempaka Putih menggelar pelatihan memasak menu sehat nuget ikan dengan menggunakan kompor induksi atau kompor listrik.

"Peranan KPKP memang secara khusus mendampingi pelatihan pembuatan nugget ikan. Kita juga koordinasi dengan PLN terkait dengan penggunaan kompor induksi/ listrik," katanya di sela-sela sosialisasi PAUD HI (Holistik Integratif) Bagi Guru SPS (Satuan PAUD Sejenis), TK (Taman Kanak Kanak), dan RA (Raudatul Athfal) di Ruang Aula Kantor Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (6/2).

Baca Juga: 

TP-PKK Sosialisasikan Pembelajaran Holistik Integratif

Menurutnya, memasak menggunakan kompor induksi ini memang memiliki berapa keuntungan, di antaranya dari segi efisiensi waktu di mana kompor induksi ini dapat memasak makanan dengan cepat.

"Kalau dari segi efektivitas waktu sangat bagus, karena ibu-ibu di Jakarta pada umumnya sibuk. Dengan kompor ini mereka jadi bisa cepat memasak ikan," terangnya.

Hal itu, menurut Hasmauna, tentunya dapat memudahkan pemberian makanan sehat kepada anak-anak di rumah.

Sementara itu, Staff Pemasaran PLN UP3 Cempaka Putih Cakry Lientang mengatakan, penggunaan kompor listrik dalam pelatihan ini merupakan salah satu cara sosialisasi peralihan ke energi listrik kepada masyarakat.

"Tujuannya agar masyarakat mengetahui ada alternatif lain selain kompor gas, yaitu kompor listrik yang memiliki tingkat keamanan lebih baik dan efisiensi waktu," ujar Cakry.

Dia menjelaskan, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi hingga tingkat kelurahan, dan RT/ RW. Penggunaan kompor listrik ini lebih mudah dan murah dibandingkan menggunakan kompor gas.

"Salurannya di rumah tinggal colok aja di stop kontak. Kalo dihitung lebih murah dari kompor gas, penghitungan kwh-nya kecil," jelasnya.

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut PLN UP3 Cempaka Putih juga memberikan bantuan berupa satu unit kompor induksi kepada TP PKK Kecamatan Cempaka Putih yang diterima oleh Ketua TP PKK Kecamatan Cempaka Putih Rachmawati Fauzi.

Bantuan kompor induksi ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sosialisasi penggunaan energi bersih kepada masyarakat.