Pemkot Jakpus Kerahkan 1.600 Personel Gabungan Bersihkan Trotoar

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menyemprotkan air ke trotoar Jalan MH Thamrin. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat kembali membersihkan sejumlah fasilitas umum seperti, trotoar, kanstin, dan sejumlah ruas jalan protokol, Jumat (28/7) malam.

Pantauan Tim Kominfotik JP, di Jalan MH Thamrin petugas gabungan yang terdiri dari Satpol-PP, Dinas Perhubungan, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Suku Dinas (Sudin) Bina Marga, Pertamanan dan Hutan Kota, Sudin SDA, serta Sudin Lingkungan Hidup bahu membahu membersihkan trotoar jalan.

Petugas membersihkan dengan menyemprotkan air yang dilakukan oleh petugas Gulkarmat menggunakan mobil tangki air dilanjutkan dengan penyikatan trotoar menggunakan cairan pembersih. Selanjutnya, proses pengeringan trotoar dilakukan oleh petugas dari Sudin Bina Marga Jakarta Pusat.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, pembersihan fasilitas umum trotoar jalan itu dilakukan serentak di delapan kecamatan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

"Kegiatan malam ini membersihkan trotoar, kebetulan setelah HUT Kota Jakarta kita bebersih, kita juga akan menyambut kembali HUT RI. Setelah itu, kita juga menjadi tuan rumah pertemuan Gubernur dan Wali Kota se-ASEAN. Otomatis, pembersihan dan perapian ini harus lebih kita tingkatkan kembali," katanya.

"Ini kegiatan serentak di delapan kecamatan. Masing-masing kecamatan melibatkan 200 personel, jadi kalau di total ada 1.600 personel yang tersebar di tiap kecamatan. Malam ini kita bergerak semua," imbuhnya.

Baca Juga: 

Sambut KTT ASEAN, Pemkot Jakpus Gelar Bersih-Bersih di Jalan Merdeka

Dhany menuturkan kegiatan bersih-bersih trotoar dan fasilitas umum akan terus dilakukan untuk memperindah kota Jakarta dan memberikan rasa nyaman serta aman di ibu kota.

"Kita upayakan kalau trotoar sudah kelihatan redup (kusam) warnanya kita lakukan pembersihan lagi," tuturnya.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menambahkan, selain membersihkan trotoar jalan, tim gabungan juga membersihkan sejumlah stick cone di jalur sepeda yang ada di jalur protokol.

"Kita juga membersihkan stick cone, mengecek kebersihan sampah dan lainnya. Tentunya sudah dibagi per-segmen (proses pembersihan), supaya kita memastikan area ini bersih," tambahnya.