Pemkot Jakpus Lakukan Pembinaan di Tiga Sekolah Calon Adiwiyata Tingkat Provinsi

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Pendampingan dan pembinaan sekolah Calon Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2023. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui bidang perekonomian melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap tiga sekolah Calon Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2023, Senin (7/8). 

Pendampingan dan pembinaan tersebut dipimpin langsung Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting. 

"Pemkot Administrasi Jakarta Pusat mengusulkan 15 sekolah Calon Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2023. Sekarang kita mendatangi tiga sekolahan yaitu, SMAN 10, SMAN 20, dan SDN Pasar Baru, wilayah Kecamatan Sawah Besar," kata Bakwan Ferizan Ginting. 

Baca Juga: 

SDN 05 Madusela Didatangi Tim Pembina dan Pendamping Sekolah Adiwiyata

Menurutnya, pembinaan ini dilakukan untuk memaksimalkan pembentukan karakter anak-anak sekolah berbasis Adiwiyata yang mencintai lingkungan hidup.

"Kita akan memaksimalkan pembinaan karena, ini adalah tanggung jawab kita bersama, bagaimana membentuk karakter siswa-siswi berbasis Adiwiyata," tuturnya. 

Untuk diketahui, Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menerapkan hidup peduli lingkungan. Bertujuan menyadarkan warga sekolah akan lingkungan sehingga, dapat turut bertanggung jawab dalam penyelamatan lingkungan. Di samping itu, juga menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat kegiatan pembelajaran.

Pelaksanaan program Adiwiyata tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.