Puskesmas Tanah Abang Gelar Posyandu Terintegrasi

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Posyandu terintegrasi di RPTRA Taman Raning. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Puskesmas Tanah Abang menggelar posyandu terintegrasi, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Raning, Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat, Senin (3/4). 

Kepala Puskesmas Tanah Abang Ovi Norfiana menjelaskan, posyandu terintegrasi merupakan posyandu, posbindu, dan posyandu balita yang dikerjakan secara bersama dalam satu tempat. 

“Jadi selama ini kan posyandu itu harinya berbeda-beda, posbindu sendiri posyandu balita sendiri. Tujuannya ada posyandu terintegrasi agar bisa dilaksanakan di satu tempat dan mengefektifkan ketenagaan kesehatan," jelasnya di lokasi. 

Menurut Ovi, posyandu terintegrasi ini sebenarnya merupkan sebuah project bagian dari tranformasi layanan pemerintah ke depan.

“Posyandu merupakan lembaga pemasyarakatan, jadi dari masyarakat oleh masyarakat. Sehingga, diharapkan dengan dilaksanakan di satu tempat dan satuan waktu menjadi lebih efektif dan efisien. Baik bagi kader masyarakat maupun juga petugas kesehatan,” terang Ovi. 

"Harapan saya bagi ibu-ibu yang mempunyai balita, bagi lansia, bagi posewindu usia produktif agar rajin juga datang ke posyandu terintergrasi ini," imbuhnya. 

Baca Juga: 

Lomba Kinerja, Ketua TP PKK Jakpus Meninjau Pengelolaan RPTRA Taman Raning Benhil

Sementara itu, Lurah Benhil Rida Mufrida mengaku bahwa warga di RW 02 sangat antusias terhadap layanan posyandu terintegrasi ini. Terbukti ada 25 balita dan 50 lansia yang datang untuk memeriksa kesehatannya.

Selain itu, adanya hadiah yang diberikan oleh kader posyandu menambah semangat dan antusias yang datang. “Iya jadi ada hadiah dari kader posyandu untuk menambah semangat para lansia yang datang,” ucap Rida.

Untuk diketahui, posyandu terintegrasi ini membutuhkan tempat yang luas dan terbuka, oleh sebab itu program ini akan diadakan di RPTRA. Dan sebelum pelaksanaannya, akan diadakan semacam gladi.