RPTRA Tanah Abang 3 Jadi Tempat Pelatihan Diversifikasi Olahan Pangan Ternak Ketiga

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan olahan ternak di RPTRA Tanah Abang 3. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali memberikan pelatihan diversifikasi olahan pangan ternak ketiga yang kali ini bertempat di RPTRA Tanah Abang 3, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kamis (24/8).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti, dengan diikuti peserta dari dua kecamatan yaitu, Tanah Abang, dan  Gambir masing-masing 25 orang.

Penty menjelaskan, materi yang diberikan sangat lengkap mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan sampai dengan penyajiannya.

“Materinya pemilihan bahan pangan ternak, pemilihan ayam ASUH (Aman Sehat, Utuh, dan Halal) serta ada materi praktik pengolahannya hingga bentuk olahan. Kita beri satu masukan beragam olahan, hari ini materinya membuat ayam kodok,” ujarnya.

Baca Juga:

KPKP Gelar Pelatihan Hasil Olahan Peternakan di P4S Mawar Kompleks Angkasa Pura

Dia berharap dengan pelatihan ini dapat menambah perekonomian keluarga, menambah variasi menu bagi yang telah memiliki usaha, serta meningkatkan konsumsi pangan ternak agar bebas stunting.

“Sasaran pelatihan olahan ternak ini untuk bisa dikonsumsi anak-anak hingga dewasa, pastinya untuk penumbuhan usaha baru, menambah sajian variasi usaha, pangan keluarga serta  meningkatkan konsumsi pangan ternak agar bebas stunting,” harapnya.

Untuk diketahui, narasumber penyampaian materi pada pelatihan ini ada dari Indonesian Chef Asosiatio, Nani Siami, serta Healty Chicken dr Hewan Gusti.