Sambut Imlek, Pemkot Jakpus Bersihkan 22 Wihara

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih Vihara Lo Cia Bio. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan pasukan pelangi, dan juga Sudin Damkar melaksanakan bersih-bersih di 22 wihara.

Salah satunya, di Vihara Lo Cia Bio, Jalan Duri 1, Cibunar,  Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (20/1).

Baca Juga: 

Plt Wakil Wali Kota Jakpus Pimpin Apel Bersih-bersih Klenteng

Kasatpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat TP. Purba menerangkan, untuk di Jakarta Pusat sendiri terdapat 24 wihara. Namun, yang aktif melaksanakan peribadatan sebanyak 22 wihara.

“Hari ini yang kita bersihkan ada 22 wihara dengan dibantu 400 personel gabungan untuk di seluruh Jakarta Pusat, kecuali di Kecamatan Kemayoran dan Cempaka Putih. Di sana tidak ada wihara yang dipakai untuk ibadah,” ujarnya, didampingi Kasie Linmas Ilyan Adi.

Baca Juga:

Petugas Gabungan Bersihkan Lingkungan Vihara Tri Ratna

Menurutnya, akan terus melakukan kegiatan seperti ini di rumah ibadah lainnya yang akan melaksanakan hari besar keagamaan.

“Bersih-bersih ini kita fokuskan pada hari ini saja, kita berharap Satpol PP terus bersinergi dengan pemuka agama, jadi supaya Satpol PP tidak hanya dikenal sebagai penegakan Perda saja, tapi juga bisa berkolaborasi dengan pemimpin agama dan rumah ibadah,” katanya.

Sementara itu, Pengurus Vihara Lo Cia Bio Lie Muk Ming menuturkan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, tidak hanya di ruang peribadatan saja, tetapi juga sekeliling wihara ikut dibersihkan.

Lie Muk Ming menambahkan, setelah aturan PPKM dicabut pemerintah wihara ini sudah terbuka kembali untuk ibadah.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang terlibat, Satpol PP, Damkar maupun dari kelurahan atas kegiatan bersih-bersih ini. Sungguh terbantu karena petugas bersih-bersih kita di sini kan terbatas, sementara ini cakupan yang dibersihakan cukup luas, semoga sinergitas ini terus dilakukan,” tutupnya.