Wali Kota Jakpus Lepas Puluhan Guru Gowes Sepeda Santai

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat melepas puluhan guru mengikuti Gowes Sepeda Santai. Foto: Ainaya Amartsya

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan HUT Jakarta yang ke-497, Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 dan 2 mengadakan Gowes Sepeda Santai yang diikuti puluhan guru se-Jakarta Pusat. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma secara langsung melepas puluhan peserta gowes, di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Minggu (9/6). 

Dhany mengatakan, melalui aktivitas gowes ini merupakan salah satu upaya perekat seluruh entitas pendidikan dan juga seluruh stakeholder yang ada di Jakarta Pusat.  

"Gowes jangan seperti balapan, tetapi merekatkan kebersamaan sambil menikmati kota Jakarta. Kita kampanyekan hidup sehat tanpa kendaraan bermotor, kita harus sepakat tularkan kepada murid-murid untuk bersepeda. Apa lagi adanya sistem zonasi maka dari rumah ke sekolah cukup dekat sehingga bisa menggunakan sepeda," terangnya. 

Dhany juga mengimbau, pendidikan bukan hanya urusan guru saja melainkan orang tua murid juga ikut andil dalam pengembangan pendidikan anaknya. 

"Orang tua murid kalau bisa dilibatkan dalam pendidikan anak, agar tanggung jawab pendidikan bukan hanya di lingkungan sekolah saja tetapi juga di rumah," jelasnya. 

Baca Juga: 

Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Gelar Lebaran Pendidikan di Monas

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Pusat Sri Rahayu Asih Subekti menjelaskan bahwa kegiatan gowes ini merupakan rangkaian dari Hardiknas dan menyambut HUT Jakarta ke-497.

"Pagi ini temen-teman guru dan tenaga pendidikan dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK memeriahkan gowes bersama Bapak Wali Kota melalui rute Jalan Harmoni kemudian Pasar Baru, Kantor Pos, Pejambon, dan finish di Sisi Timur Laut Silang Monas," tandas Asih.