Pembangunan Perlu Melibatkan Keterwakilan Anak

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi pembentukan forum anak secara virtual. Foto: pusat.jakarta.go.id

Ketua TP PPK Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Ucu Jamilah menilai pembanguan perlu melibatkan keterwakilan anak. Hal ini diungkapkannya saat sosialisasi pembentukan forum anak secara virtual.

Menurutnya, keterwakilan anak menjadi penting dalam setiap pembangunan agar anak dapat menikmati hasil pembangunan. Di samping itu, anak-anak ke depannya memiliki peran penting sebagai penerus bangsa untuk melanjutkan pembangunan dan cita-cita bangsa ke depannya.

Ia menekankan, keterwakilan anak dalam pembangunan dapat diwujudkan melalui forum anak. "Forum anak merupakan wadah untuk mendorong anak dalam proses pengambilan keputusan tentang segala hal yang menyangkut kepentingan anak," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (1/9).

Ucu juga menjelaskan keberadaan forum anak juga memiliki peran penting sebagai pelopor dan pelapor (2p). Sebagai pelopor, forum anak menjadi agen perubahan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.

"Sementara untuk peran pelapor forum anak terlibat aktif ketika mengalami, melihat, dan merasakan tidak terpenuhinya hak dan perlindungan anak," jelasnya.

Ucu mengharapkan, anak-anak yang terlibat dalam forum anak ini dapat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan maupun dalam kepengurusan forum anak.

Sementara itu, Kasudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Eny Rosianingsih mengatakan, pembentukan forum anak ini sudah dilakukan secara berjenjang tahun 2019 lalu. Namun masa kepengurusan forum anak tahun 2019 berakhir selama 2 tahun. Sehingga diperlukan pembaharuan kepengurusan forum anak.

"Kami mengadakan sosialisasi forum anak dengan tujuan setelah kegiatan ini dapat terbentuk kepengurusan forum anak tingkat Kota,  tingkat Kecamatan, tingkat Kelurahan yang baru, " terangnya.

Baca Juga:

TP PKK Jakarta Pusat Dilantik

TP PKK Jakpus Lakukan Panen Serentak di 37 Titik Wilayah

Wali Kota Bersama Ketua TP PKK Semai Sawi Pagoda dan Sebar Ikan Nila