100 Lebih Petugas Bakal Cek Kesehatan Hewan Kurban

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menurunkan puluhan petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban H-1 Idul Adha.

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi mengatakan, pihaknya mengerahkan 43 petugas dari Sudin KPKP Jakpus untuk melakukan pemeriksaan hewan dan daging kurban saat perayaan Idul Adha 10 Juli mendatang. Nantinya para petugas akan melakukan pemeriksaan H-1 Idul Adha hingga H+2 Idul Adha.

"Petugas kita dari Sudin ada 43 orang, ditambah petugas Dinas KPKP yang akan bergabung total ada 100-an petugas," ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (7/7).

Baca Juga: 

Sudin KPKP Monitor 2.202 Hewan Kurban

Sudin KPKP Periksa Kesehatan 345 Hewan Kurban di Wilayah Kecamatan Cempaka Putih

Penty menjelaskan, nantinya petugas akan melakukan pemeriksaa hewan kurban sebelum disembelih, serta kualitas daging kurban sebelum didistribusikan. Untuk kesehatan kurban sebelum disembelih pihaknya akan memastikan apakah hewan kurban terbebas dari Penyakit Mulut Kuku (PMK), umur, gigi, dan kecacatan pada hewan. 

Sementara, lanjutnya, untuk kualitas daging pihaknya akan memastikan daging dan jeroan aman dikonsumsi. "Daging dan jeroan harus dipisah, kemudian pemeriksaan cacing pada hati sapi. Tahun lalu saat kita pemeriksaan ada sekitar 20 kg hati sapi yang tidak layak konsumsi," tandasnya.