Capaian BIAN di Jakpus Mencapai 101,4 Persen

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pencapaian Imunisasi Campak Rubella (MR) dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dilaksanakan pada awal Agustus hingga akhir September 2022 di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat mencapai 101,4 persen atau 51.087 anak dari target 50.562 anak.

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari mengatakan, pencapaian BIAN yang melebihi target ini merupakan hasil kolaborasi dengan lintas sektor dan seluruh SKPD di Jakarta Pusat (Jakpus) yang terus menggerakkan, serta mensosialisasikan kepada warga untuk membawa anak-anak mengikuti imunisasi.

"Kami sangat berterima kasih untuk kerja sama dan kolaborasi ini, banyaknya sentra vaksin/imunisasi ini sangat memudahkan masyarakat. Kenapa bisa mencapai 101,4 persen atau lebih dari 100 persen karena kita juga menggelar imunisasi menyanggah daerah wilayah di sekitar DKI," katanya saat dikonfirmasi, Senin (10/10).

Baca Juga: 

Kasudinkes Jakpus Optimis Akhir Agustus 2022 Capai Target BIAN

Risma menuturkan, kesadaran dan antusias masyarakat yang memiliki anak usia 9-59 bulan untuk mengikuti imunisasi ini cukup bagus, sebagai salah satu upaya perlindungan kepada anak-anak yang akan tumbuh berkembang menjadi generasi penerus bangsa.

"Alhamdulillah antusias masyarakat cukup bagus dan tidak ada kendala atau penolakan, untuk KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) pun tidak ada," tuturnya.

"Bagi masyarakat yang belum dan ingin melaksanakan imunisasi, dapat mengunjungi titik layanan yang sudah diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta melalui puskesmas kelurahan, kecamatan, dan rumah sakit," tutupnya.

Baca Juga:

Wali Kota Canangkan BIAN Tingkat Jakarta Pusat di RPTRA Tanah Abang III

Untuk diketahui, dalan program BIAN Tingkat Kecamatan Jakarta Pusat, wilayah Kecamatan Johar Baru yang paling tinggi capaian imunisasinya yaitu, 106,92 persen, Kemudian, Kecamatan Tanah Abang 102,81 persen disusul Kecamatan Senen 101,37 persen.