Sudin Pusip Stimulasi Generasi Muda dengan Dongeng

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan mendongeng bagi para pengelola perpustakaan di seluruh RPTRA se-Jakarta Pusat, Selasa (5/7). Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) mengadakan pelatihan mendongeng bagi para pengelola perpustakaan di seluruh RPTRA se-Jakarta Pusat, Selasa (5/7).

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan, pelatihan mendongeng yang diadakan ini dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional. Pelatihan ini diikuti ratusan peserta secara offline. Di mana, peserta dapat melihat langsung praktik mendongeng. Dari bagaimana mimik wajah dan intonasi suara dalam mendongeng.

"Pelatihan hari ini diikuti oleh peserta dari pengelola perpustakaan RPTRA. Kami berharap ilmu mendongeng dapat dipraktikkan di RPTRA, sehingga dapat mendorong anak terampil berliterasi dengan cara menyenangkan," paparnya.

Baca Juga: 

Pencanangan HUT DKI, Sudin Pusip Jakpus Hadirkan Pendongeng

Peringati Hari Buku Nasional, Sudin Pusip Gelar Wisata Literasi di Dua Sekolah

Pelatihan serupa, lanjut Irwan, juga akan diikuti oleh kader PKK dan Bunda PAUD se-Jakarta Pusat pada esok hari, Rabu (6/7). Selain itu, rangkaian kegiatan pelatihan dongeng ini juga akan dilakukan tanggal 21 Juli 2022 bagi para guru.

"Pelatihan ini bertujuan agar peserta memiliki pengalaman dan pemahaman akan pentingnya menstimulasi generasi muda dengan dongeng, untuk mengasah kecerdasan dan kreativitas anak," jelasnya.

"Diharapkan rangkaian kegiatan pelatihan mendongeng turut menjadi bagian penting dalam mengkampanyekan pemenuhan hak, perlindungan dan tumbuh kembang anak dengan stimulus yang tepat," imbuh Irwan.