MMP Gelar Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila di Kantor Kecamatan Kemayoran

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Road show Majelis Musyawarah Pancasila (MMP) di Kantor Kecamatan Kemayoran. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kecamatan Kemayoran menjadi tempat ketiga diselenggarakannya road show Majelis Musyawarah Pancasila (MMP) dengan mengangkat tema "Pancasila Dalam Implementasi Perlindungan Hak Dasar Rakyat".

Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila ini, akan berlangsung di 44 kecamatan Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ini diikuti FKDM, LMK, RT-RW, Dasawisma, PKK, Karang Taruna, dan jajaran terkait lainnya yang ada di delapan kelurahan wilayah Kecamatan Kemayoran.

Camat Kemayoran Asep Mulyaman mengatakan, di zamannya waktu tahun 1970 ketika masih sekolah pernah diajarkan P4 atau Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.

Dengan adanya Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila, lanjut Asep, dapat memberikan masukan dan kontribusi dari warga masyarakat agar lebih kuat mengamalkan dan mengetahui Pancasila.

"Mudah-mudahan diskusi ini bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadi pagar atau benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," harapnya, dalam sambutanya di Ruang Aula Kantor Kecamatan Kemayoran, Kamis (4/5).

Sementara itu, Koordinator MMP Apek Saiman menambahkan, road show Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila di Jakarta Pusat sudah dilalui dua kecamatan yaitu, Gambir, dan Sawah Besar. Sempat terhenti karena bulan Ramadan dan Idulfitri. 

"Ini merupakan road show ketiga dan berlangsung di Kecamatan Kemayoran," katanya.

"Semoga Pancasila bisa hadir di tengah masyarakat bukan hanya selogan, simbol, dan jargon tetapi suatu tindakan yang nyata untuk memperkuat keberagaman Indonesia," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini dihadiri dua narasumber Muhammad Sito Anang dari Akademisi, dan Edisa Girsang. 

Baca Juga: 

Aspem Buka Road Show Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila

Camat Sawah Besar: Tanamkan Butir-butir Pancasila Sejak Usia Dini