Pemkot Jakpus Tanam 144 Pohon dan Sebar 5.000 Benih Ikan di Waduk Melati

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat menam pohon di IPAL Waduk Melati. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama para jajaran terkait melaksanakan penanaman pohon disertai penyebaran benih ikan di Rumah IPAL Waduk Melati, Jalan Talang Betutu, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (11/8). 

Dhany mengatakan, tujuan kegiatan ini bukan untuk jangka pendek tetapi akan dinikmati di masa yang akan datang. Terlebih untuk dinikmati warga Kebon Melati, karena di sini juga bagus untuk menghasilkan oksigen. Terlebih ada waduk dengan pemandangan gedung-gedung pencakar langit yang sangat kokoh dan indah. Nantinya, pohon yang ditanam akan menghijaukan lokasi ini.

“Kegiatan penanaman ini dalam rangka gerakan penanaman pohon di aset-aset milik pemerintah daerah (Pemda). Total ada 114 pohon yang ditanam terdiri dari 96 pohon lindung yaitu, teko mas dan liangyu serta 18 pohon produktif seperti mangga, kelengkeng, dan alpukat,” ucapnya.

Baca Juga: 

Wali Kota Jakpus Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan di Jalan Letjen Suprapto

Pemkot Jakpus Terima 600 Pohon Produktif dari Komunitas Sepeda Indonesia

200 Pohon Cabai Ditanam di Lahan Kosong Milik PPK Kemayoran

Selain itu, lanjut Dhany, kegiatan ini juga diisi dengan penebaran 5.000 benih ikan nila bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya ke waduk menggunakan perahu karet milik Sudin Gulkarmat dan Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

“Semoga nanti benih ikan nila yang kita tebar ini berguna untuk warga sekitar sehingga, jika panen dapat membantu juga untuk mengatasi stunting khususnya di wilayah Kelurahan Kebon Melati ini,” katanya.

Dhany juga optimis lokasi ini dapat dijadikan objek wisata dan dapat menjadi ikon wilayah Tanah Abang. “Alhamdulillah waduknya bersih, memang konsepnya itu yang masuk di sini air yang sudah bersih, karena memang sudah dikelola, dan ini juga sebagai fungsi pengendali banjir terutama pada area di sekitar Tanah Abang,” tutupnya.