Kramat dan Johar Baru Jadi Prioritas Monitor Pengamanan Idul Adha

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi (tengah). Foto: Shabrina Saraswati

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, wilayah Kramat dan Johar Baru akan menjadi prioritas monitoring pengamanan Idul Adha.

Hal ini diungkapkannya, usai menggelar apel gelar pasukan pengamanan perayaan Idul Adha, di Monas, Senin (19/7).

Menurutnya, di wilayah Kramat dan Johar Baru memiliki potensi terjadi kerumunan dan diduga masih melaksanakan kegiatan takbir dan salat Idul Adha. Padahal kedua kegiatan ini ditiadakan karena situasi pandemi Covid-19 dam pelaksanaan PPKM Darurat.

"Kramat dan Johar Baru yang akan kita lihat dan monitor langsung. Kita juga sudah punya data dari Kementerian Agama masjid mana saja yang sudah melaporkan, kita juga akan monitor," ungkapnya.

Irwandi menegaskan sejauh ini Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat sudah melakukan mediasi dengan para pengurus masjid di wilayah Jakpus bersama jajaran tiga pilar terkait edaran Gubernur DKI Jakarta mengenai pelaksanan Idul Adha.

Menurutnya, besok juga akan memonitor, melihat bagaimana pelaksnaan Idul Adha yang sudah diatur dalam edaran gubernur tersebut.

"Besok kita lihat bagaimana pelaksanaannya dan kita akan lakukan secara persuasif secara humanis dengan melakukan pendekatan sedini mungkin," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Jakpus Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan, ada sekitar 500 personil gabungan yang akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan Idul Adha. Nantinya akan melakukan pengamanan di jalan-jalan protokol guna mengantisipasi takbir keliling, dan masjid-masjid terkait peniadaan salat Idul Adha di masjid. 

"Kita akan imbau dan berikan penindakan serta teguran bagi yang tetap membandel. Intinya kita akan pikirkan bersama tiga pilar untuk sanksi penegakan aturan tapi tetap tegas dan santun," tandasnya.

Baca Juga: 

Tiga Pilar Akan Pantau Rangkaian Pelaksanaan Idul Adha 

Wali Kota: Pelaksanan Salat Idul Adha di Rumah Saja

Zona Merah dan Oranye Tidak Diperkenankan Menggelar Salat dan Pemotongan Hewan Kurban